Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cipali Sempat Diselimuti Asap Pembakaran Jerami, Polisi Turun ke Sawah

Kompas.com - 12/04/2024, 16:53 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - Asap menyelimuti ruas jalan Tol Cipali Km 88, di wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat (Jabar).

Asap yang dapat menggangu perjalanan para pengguna tol itu disebut berasal dari pembakaran jerami pascapanen yang dilakukan oleh petani setempat.

Satlantas Polres Subang pun langsung turun ke sawah untuk memadamkan api guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas pada periode arus balik mudik 2024.

Kasatlantas Polres Subang, AKP Undang Syarif Hidayat membenarkan bahwa para petani mulai membakar jerami sisa panen padi di area persawahan pinggiran Tol Cipali.

"Sebelumnya, sudah kami imbau melalui Bhabinkamtibmas desa kepada para petani yang sawahnya berada di pinggir Tol Cipali agar tidak membakar jerami," kata Undang, Jumat (12/4/2024), dikutip dari TribunJabar.id.

Baca juga: Nekat Lalui Perlintasan Tanpa Palang, Mobil Pemudik Hancur Ditabrak Kereta Api di Madiun

"Karena akan mengganggu dan membahayakan bagi pengendara yang melintasi Tol Cipali," sambungnya.

Akan tetapi, menurut Undang, tidak semua petani mengikuti imbauan tersebut sehingga masih ada yang melakukan aktivitas pembakaran jerami di sekitar Tol Cipali.

"Tadi saya turun langsung padamkan api pembakaran jerami di kawasan Km 88 Tol Cipali Subang. Hal tersebut dilakukan sebelum api membesar dan menimbulkan asap tebal yang akan mengganggu pemudik saat melintasi Tol Cipali," ujar Undang.

Selain mengganggu, dia menambahkan, asap tebal juga dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas di ruas jalan Tol Cipali.

Baca juga: Pemudik Motor Mulai Padati Pelabuhan Bakauheni

"Selain itu, jika dibiarkan, asap tersebut akan mengganggu jarak pandang pengemudi di Tol Cipali, sehingga bisa menimbulkan kecelakaan," ucap Undang.

"Kami tegaskan kepada seluruh masyarakat, untuk menekan adanya kecelakaan lalu lintas di ruas jalan Tol Cipali, jangan membakar jerami padi atau pun yang lainnya, yang mengganggu perjalanan pemudik arus balik di Tol Cipali," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "Asap Tebal Ancam Tol Cipali Subang, Ternyata dari Bakaran Jerami, Polisi Turun ke Sawah Padamkan Api"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com