Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Arus Mudik, Posko Kesehatan Jabar Tangani 6 Jenis Penyakit

Kompas.com - 12/04/2024, 20:08 WIB
Reni Susanti

Editor


KOMPAS.com - Sebanyak 263 posko kesehatan Jawa Barat disiapkan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Hingga H+2 Lebaran, posko yang dijaga 423 dokter ini kebanyakan menangani enam jenis penyakit. Yakni gastritis, hipertensi, cephalgia (nyeri kepala), influenza, vulnus laceratum/punctum, dan tension headache.

"Dari enam jenis penyakit yang ditangani itu paling banyak pemudik mengalami gastritis," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (12/4/2024).

Baca juga: Jalan Tol Yogyakarta-Solo Dibuka Fungsional Saat Arus Balik, Beroperasi Satu Arah

Kemudian hipertensi, cephalgia (nyeri kepala) sebanyak satu orang di Kota Bandung. Lalu penanganan influenza di Kota Bandung, kemudian tension headache di Kota Bandung.

Herman mengungkapkan, selain 423 dokter yang berjaga 24 jam secara bergiliran, posko itu dijaga 1.981 perawat, 1.375 bidan, 46 tenaga kesehatan tradisional (nakestrad), dan 971 nakes lain.

Melalui tenaga kesehatan yang berjaga di posko, mereka selalu mengingatkan dan memberikan edukasi kepada pemudik terkait penyakit yang diderita oleh pemudik atau pelaku perjalanan yang datang ke posko kesehatan.

Baca juga: Puncak Arus Balik ke Surabaya dengan Kereta Diprediksi Minggu, Warga Diimbau Segera Pesan Tiket

Herman juga mengungkapkan, menjelang arus balik, tenaga kesehatan meningkatkan kesiapsiagaan posko terutama meningkatkan kewaspadaan dan pengamatan untuk penyakit menular dan penyakit potensial KLB lainnya.

"Ditingkatkan pula layanan Puskesmas 24 jam pada jalur utama mudik dan balik," ujarnya.

Berdasarkan prakiraan BMKG, Herman juga mengingatkan pemudik untuk mengantisipasi kemungkinan hujan deras hari ini, Jumat (12/4/2024) untuk daerah Kabupaten Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bogor, Kota Bogor; Kota Bekasi, dan Kota Depok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com