Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Tertimbun Longsor di Bandung Barat Belum Ditemukan

Kompas.com - 27/04/2024, 07:26 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - Waridah (39), perempuan asal Kampung Campaka, Desa Campaka Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat (Jabar), tertimpa bangunan rumahnya yang ambruk akibat longsor, pada Jumat (26/4/2024) siang.

Dalam kejadian ini, korban berhasil diselamatkan dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Cahya Kawaluyan.

Kasi Daltramtri Kecamatan Padalarang, Fani Helmi Nurfahmi mengatakan, bencana longsor terjadi usai hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak pukul 12.30 WIB.

"Akibatnya ada satu korban, Ibu Waridah, terjebak dan tertimbun longsor saat di rumah. Untungnya berhasil diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit," kata Fani, Jumat (26/4/2024) malam, dikutip dari TribunJabar.id.

Baca juga: Marinir Gadungan Tipu Mahasiswi di Lampung, Korban Diajak Menikah hingga Rugi Rp 2,8 Juta

Dia menyampaikan, tanah dan pepohonan tiba-tiba bergeser dan runtuh akibat terbawa aliran air hujan.

"Akibat peristiwa longsor di Kecamatan Padalarang, sebanyak tiga rumah rusak berat dan tiga KK diungsikan ke tempat yang lebih aman," ujar Fani.

Fani menjelaskan, longsor juga terjadi di enam titik lain di Desa Campaka Mekar, yakni di Kampung Gugunungan dan Cipanawar.

"Kemudian di Kampung Nyondol menimpa jalan desa, Cadas Gorowong menimpa rumah, Cibungbulang menutup akses jalan, dan Cibungbulang menimpa rumah milik Sutisna," ucap Fani.

Kepala Desa (Kades) Campaka Mekar, Acep Arifin menyatakan, longsor yang terjadi di wilayahnya mengakibatkan akses jalan tertutup, rumah ambruk, dan warga tertimbun.

Baca juga: Buntut Pencemaran Laut, DKP Jateng Pastikan Tambak Udang di Karimunjawa Ditutup Tahun Ini

"Kalau korban yang tertimbun hanya di satu titik, korban luka di satu titik, sisanya hanya akses dan rumah rusak, termasuk akses Jalan Raya Purwakarta-Padalarang yang sempat tertutup pohon tumbang, tapi sudah berhasil dievakuasi," jelasnya.

Satu korban belum ditemukan

Sementara itu, petani bernama Opa (65) yang juga menjadi korban longsor di Desa Campaka Mekar belum ditemukan.

Warga asal Kampung Tangkil, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalongwetan, KBB, Jabar, tertimbun material longsor saat memanen padi di Kampung Cimanggu.

Salah satu warga, Asep Rohana (55) menuturkan, warga langsung berupaya mencari korban dengan cara manual.

"Pencarian tadi sampai jam 5 sore. Dihentikan dulu karena kondisinya mulai gelap. Kalau cuaca sudah mulai bagus karena hujannya sudah reda," tutur Asep, Jumat (26/4/2024).

Baca juga: Kronologi 3 Pria di Demak Paksa Bocah 13 Tahun Berhubungan Badan dengan Pacar, Direkam lalu Diperkosa

"Tadi hujan dari pagi tapi jam 10 sampai jam 11 reda. Kemudian pas jumatan hujannya deras lagi. Nah pas pulang jumatan terjadi longsor besar dan ada orang yang tertimbun," sambungnya.

Menurutnya, bencana itu juga menimbun sawah milik warga karena tebing yang longsor sepanjang ratusan meter.

"Cuma tebingnya landai, tapi karena hujan yang deras terus-menerus akhirnya terjadi longsor dan pas saya lihat longsornya memang besar," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com