Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Ibu Melahirkan Dibantu Kernet di Bus Garut-Jakarta

Kompas.com - 22/05/2024, 14:59 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebuah video detik-detik seorang ibu melahirkan di dalam bus jurusan Garut-Jakarta yang sedang melaju di jalan tol tersebar di media sosial.

Dalam narasi video yang diunggah akun @bandung.banget, peristiwa tersebut terjadi ketika bus tersebut sedang dalam perjalanan menuju ke arah Bandung.

"Seorang ibu melahirkan di dalam bus jurusan Garut-Jakarta lagi di tol dan langsung di evakuasi ke Rumah sakit Santosa Kopo mudah-mudahan ibu dan bayi nya sehat," tulisnya.

Baca juga: Kronologi Bus Rombongan Study Tour Kecelakaan Masuk Jurang di Lampung

Video itu pertama kali diunggah oleh akun TikTok @ratna.una. Pemilik akun TikTok tersebut menyebutkan, suaminya sedang dalam perjalanan menuju Bandung.

Namun saat suaminya berpindah tempat duduk, di sebelahnya ada seorang ibu yang merintih kesakitan karena perutnya mengalami kram.

"Kronologi kejadian: Suami mau perjalanan Bekasi Bandung karena mau dekat dia pindah duduk ke depan, di sampingnya perempuan. Ga lama cewe itu bilang "aa perut saya keram "Emang ke apa? " Ini k3p4l4nya udah keluar," tulisnya.

Baca juga: Ibu Melahirkan di Ambulans karena Jalan Rusak, Dinkes Kalbar Bersuara

Proses melahirkan ibu itu kemudian dibantu kernet bus lalu dilarikan ke Rumah Sakit Santosa Kopo, Kota Bandung, Jawa Barat untuk segera ditangani secara medis.

"Dan beliau langsung bilang ke kenek "Pa tolong ini ada orang mau l4gir4n" Dari situ semua panik dan untung keneknya berani, beliau yang membantu mengeluarkan b4y1nya. Alhamdulilah keluar dengan selamat dan langsung di bawa ke rumah sakit terdekat keluar tol Kopo, tidak jauh ada Rumah Sakit Santosa," tulisnya.

Sementara itu, Manager Humas Santosa Hospital Bandung Kopo, Nova Anggraeny mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (18/5/2024) pagi.

"Hari Sabtu pagi sekitar jam 8 atau setengah sembilanan ada pasien datang dibawa sopir bus," ujarnya saat dihubungi Kompas.com melalui telepon seluler, Rabu (22/5/2024).

Saat datang ke RS Santosa Bandung, ibu tersebut langsung ditangani dokter dan tim medis guna memastikan ibu dan bayinya dalam kondisi baik dan sehat.

"Kami tangani langsung oleh tim medis kita di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Alhamdulillah prosesnya bagus, ibu dan bayinya sehat," ucap Nova.

Nova menambahkan, ibu dan bayinya sudah pulang setelah menjalani obeservasi selama satu hari. Dipastikan ibu dan bayinya dalam kondisi sehat.

"Minggu siang ibu dan bayinya sudah pulang. Sebelumnya pas Sabtu ibunya mau pulang tapi tidak boleh oleh dokter diobservasi dulu karena kontraksinya kan terjadi di dalam bus," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com