Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Ungkap Alasan Gary Iskak Direhabilitasi

Kompas.com - 30/05/2022, 16:37 WIB
Agie Permadi,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gary Iskak bakalan direhabilitasi di BNNP Jawa Barat, Polisi ungkapkan mengapa Gary dan keempat rekannya itu direhabilitasi.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar, Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan mendalam terhadap para tersangka dan saksi sebanyak 7 orang, Gary akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

"Namun sesuai dengan UU Narkotika pasal 56 bahwa dari tersangka diperoleh barang bukti kurang dari 1 gram, dilakukan assesment sehingga petugas melakukan koordinasi dengan BNNP untuk melakukan assessement terhadap para tersangka," ujar Ibrahim, Senin (30/5/2022).

Baca juga: Polisi Ungkap Asal Narkoba yang Digunakan Gary Iskak

Dari hasil assessment yang dilakukan 26 Mei 2022, disimpulkan kelima orang tersebut korban penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu. 

Ibrahim menjelaskan, Gary merupakan pengguna lama yang sempat berhenti namun kembali kambuh. 

"Sudah mendapatkan pengobatan dan berhenti menggunakan tapi kambuh kembali dan membutuhkan perawatan rehabilitasi," tambah Ibrahim.

Gary pun mendapatkan layanan intervensi singkat atau rawat jalan dan wajib lapor 8 kali di klinik BNNP Jabar 

"Layanan yang diberikan informasi edukasi narkoba dan pemeriksaan kesehatan dan konseling evaluasi psikologi," ucapnya seraya menambahkan bahwa Gary juga mendapatkan tambahan pengobatan medis terkait penyakit dalam yang dideritanya.

Begitupun dengan keempat rekannya. Mengingat mereka bukan jaringan gelap peredaran narkotika serta mempunyai keluarga dan kondisi medisnya membutuhkan perawatan, maka perlu diberi pengobatan berupa rehabilitasi sesuai kesimpulan tim medis. 

Baca juga: Polisi Selidiki Asal Narkoba Terkait Penangkapan Gary Iskak

Pada 27 Mei 2022 sekitar pukul 20.15 WIB, kelima tersangka dilimpahkan ke BNNP Jabar untuk menjalani rehabilitasi dengan proses ketat yang disetujui BNNP Jabar dan Kejaksaan Tinggi Jabar.

Direktur Reserse Narkoba Polda Jabar Komisaris Besar Polisi Johanes R Manalu menambahkan berdasarkan putusan para tersangka direhabilitasi di BNNP Jabar.

Johanes menegaskan, barang yang diguanakan Gary dan teman-temannya didapatkan dari seseorang berinisial O.

"Mereka bukan pesta, mereka datang mau bekerja, ada konten YouTube. Barang didapatkan dari seseorang bukan dibeli tapi didapatkan dari inisial O, ditelusuri sampai saat ini tidak aktif komunikasi," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Aktor Gary Iskak dan ke empat rekannya ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar diduga terkait kasus narkoba. Dari hasil tes urine Gary dan teman-temannya positif menggunakan narkoba.

Gary yang diamankan di sebuah rumah Jalan Pasir Putih, Kota Bandung pada Senin (23/5/2022), diboyong ke Mapolda Jabar beserta empat rekannya untuk pemeriksaan mendalam terkait kasus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com