Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria di Bogor Hidup Kembali Usai Dinyatakan Meninggal, Bendera Kuning Sempat Terpasang

Kompas.com - 15/11/2022, 12:06 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Seorang pria berinisial US (40), hidup kembali setelah sebelumnya dinyatakan meninggal dunia.

Peristiwa itu terjadi di Perumahan Ambar Telaga Residence 2, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/11/2022).

Saat itu, jenazah US sudah dimasukkan ke dalam peti. Namun, ketika dibuka ia menunjukkan tanda kehidupan, menggerakkan anggota tubuh.

Pengurus Warga Perumahan Ambar Telaga Residence 2, Endang mengungkapkan, pihaknya sudah sempat memasang dan mengibarkan bendera kuning sebagai tanda adanya kematian di wilayah tersebut.

Baca juga: Kondisi Terkini Pria di Bogor Hidup Kembali Usai Dinyatakan Meninggal, Sudah Membaik

Saat itu, Endang baru keluar rumah dan mendapatkan kabar ada warganya meninggal dunia.

Akhirnya, pihak keluarga mengonfirmasi untuk segera membuat pemasangan tenda. Sebab, pihak keluarga akan melakukan upacara pemakaman untuk korban.

"Setelah itu kita mempersiapkan kebutuhan jenazah di sini. Melakukan persiapan lah (di rumah duka). Di sini sudah kita siapkan tenda, bendera kuning bahkan jalur akses utama aja kita alihkan," kata Endang saat ditemui di depan rumah keluarga US.

Endang mengatakan bahwa pihaknya bersama pengurus lain sudah berjaga sejak sore sampai malam hari. 

Pada saat itu, kata dia, sudah banyak tamu jemaat yang berdatangan dari berbagai tempat untuk melayat. Jumat malam, mobil ambulans datang membawa peti jenazah US ke perumahan tersebut.

Namun, kehebohan terjadi setelah peti jenazah dibuka di rumah duka. Pada saat itu, keluarga hendak melihat US untuk terakhir kali.

Menurut Endang, di dalam peti jenazah itu sudah terlihat kepala laki-laki bernafas dan bergerak. Melihat kejadian itu, kata Endang, warga yang datang melayat pun kaget bukan main.

Baca juga: Dinyatakan Meninggal lalu Hidup Kembali, Warga Bogor Ternyata Alami Penurunan Kesadaran

"Saya denger pak US ini salah satu tokoh agama di Konghuchu, nah saat itu ada jemaat yang liat kayaknya masih bernapas, karena posisi peti itu atasnya kan kaca ya, karena waktu dibawa dari sana ke sini itu udah dalam posisi di dalam peti," ungkapnya.

"Kebanyakan dari jemaat yang curiga. Pas begitu tau masih bernapas, otomatis orang langsung berkerumun kaget," ujarnya.

Mengetahui hal itu, para jemaat dan keluarga langsung membawa US beserta peti mati itu ke Klinik Pratama Rawat Inap, Warung Nangka, Rancabungur.

US dibawa ke klinik itu untuk mendapat pertolongan pertama berupa pemberian oksigen.

"Setelah dapat penanganan oksigen akhirnya langsung dilarikan ke RSUD Kota Bogor. Jadi pas begitu datang ke sini tuh sudah di dalam peti mati," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com