Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Tasikmalaya, Warga: Guncangan Hanya Sesaat Tapi Terasa Kuat

Kompas.com - 04/12/2022, 14:26 WIB
Riska Farasonalia

Editor


KOMPAS.com - Warga dikejutkan gempa dengan kekuatan magnitudo 2,9 dan 2,8 yang mengguncang Kota Tasikmalaya, Jawa Barat pada Minggu (4/12/2022) subuh.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadinya dua kali gempa tersebut masing-masing pukul 04.34 WIB dan 04.39 WIB.

Gempa pertama berkekuatan magnitudo 2,9 berjarak 9 kilometer di sebelah tenggara Kota Tasikmalaya, Jawa Barat dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa kedua berkekuatan magnitudo 2,8 memiliki jarak lebih dekat yakni 8 kilometer di sebelah tenggara Kota Tasikmalaya, Jawa Barat dengan kedalaman 10 kilometer.

Pusat dua kali gempa hanya berselang 5 menit tersebut berada di darat dan tidak berpotensi tsunami.

Meski begitu, masyarakat diharapkan untuk tetap waspada terhadap segala bencana yang mungkin terjadi.

Baca juga: Akibat Gempa Garut, Atap Rumah Warga Lansia di Tasikmalaya Ambrol, Ini Kondisinya

Warga was-was

Warga Kecamatan Cihideung, Cecep (73) mengaku langsung berlari ke jalan raya sesaat gempa pertama terjadi.

“Ini cukup kencang. Tadi, kaca (jendela) di belakang (rumah) sampai getar-getar,” ujar dia dikutip dari TribunJabar.id, Minggu.

Sementara itu, warga Kecamatan Tawang, Bayu (35) mengatakan, meskipun hanya terjadi sesaat, tetapi guncangan gempa sempat membuat warga merasa was-was.

"Guncangannya hanya sesaat tapi terasa cukup kuat," kata dia.

Dia merasakan kekuatan gempa di Tasikmalaya sama dengan yang terjadi di Garut pada Sabtu (3/12/2022) sore.

"Kekuatan guncangannya sama dengan yang terjadi kemarin. Tapi yang ini lebih singkat tapi tetap membuat kami was-was," ujar dia.

Baca juga: Gempa Magnitudo 6,4 di Garut Terasa hingga Tasikmalaya, Warga Berhamburan Keluar

Penjelasan BPBD

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar mengatakan, pihaknya terus melakukan inventarisasi kemungkinan adanya kerusakan bangunan.

"Gempa barusan cukup kuat. Tapi belum ada laporan kerusakan," jelas dia.

Sejauh ini baru satu rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi di Kabupaten Garut dengna kekuatan magnitudo 6,4 pada Sabtu (3/12/2022) sore.

Akibatnya, rumah milik nenek Asih (70) di Kampung Gunung Karikil, Kelurahan Tuguraja, Kecamatan Cihideung ini mengalami kerusakan di bagian langit-langit.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Subuh Ini Sudah 2 Kali Gempa di Tasikmalaya, Warga Ketakutan Karena Guncangannya Kencang

 

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul 2 Kali Gempa Tadi Subuh di Tasikmalaya, Guncangannya sama seperti Gempa Garut, Warga Berhamburan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com