Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Dampak Gempa M 5,8 di Sukabumi, 14 Bangunan Rusak

Kompas.com - 08/12/2022, 17:43 WIB
Budiyanto ,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com-Jumlah bangunan rusak terdampak gempa magnitudo 5,8 di Sukabumi, Jawa Barat, yang terdata bertambah.

Informasi sementara dari Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Kabupaten Sukabumi, hingga 16.00 WIB, ada 14 rumah yang mengalami kerusakan.

Sebanyak satu unit rumah rusak berada di Kecamatan Ciambar, empat unit di Nagrak, tiga unit di Simpenan, dua unit di Parungkuda, dua unit di Sukalarang, satu unit di Ciemas, dan satu unit di Sukaraja.

"14 rumah terdampak ini kategori kerusakannya tujuh unit rusak sedang dan tujuh unit rusak ringan," ungkap Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna dalam keterangan tertulis diterima Kompas.com, Kamis sore.

Baca juga: Dampak Gempa 5,8 M di Sukabumi, Dinding dan Lantai Sekolah Retak, Ini Kondisinya

Ada 49 jiwa terdampak kerusakan rumah akibat gempa ini, tiga orang di antaranya yang berada di Kecamatan Ciambar sampai harus mengungsi ke rumah kerabatnya.

"Hingga saat ini tidak ada laporan adanya korban jiwa maupun luka," ujar Daeng.

Sedangkan bangunan sekolah yang terdampak ada di dua kecamatan yaitu Parakansalak satu unit dengan kategori rusak ringan dan Kalibunder satu unit kategori rusak sedang.

Kerusakan di Kota Sukabumi

Data sementara BPBD Kota Sukabumi hingga 16:00 WIB, ada tiga bangunan yang mengalami kerusakan.

"Semuanya termasuk ketegori rusak ringan," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Whardhani saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis sore.

Baca juga: Gempa Sukabumi Hari Ini, 2 Bangunan Rumah dan Sekolah Hancur, Tidak Ada Korban Jiwa

Satu unit rumah rusak di Kecamatan Lembursitu, tembok penahan tanah ambruk di Kelurahan Cikundul, dan tembok retak di Kampung Pangkalan Kelurahan Sudajayahilir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com