Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Dilanda Angin Kencang hingga 55 Km Per Jam, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Kompas.com - 10/02/2023, 14:45 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, melaporkan fenomena angin kencang di Kota Bandung seminggu terakhir berkecepatan 15-17 knots atau 28-31 kilometer per jam.

Data angin kencang maksimal tersebut merupakan data seminggu terakhir pada 4-10 Februari 2023.

Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, kecepatan maksimum normal di Februari ini 12,6 knots atau 23,31 kilometer per jam.

Baca juga: BMKG Ungkap Penyebab Angin Kencang Terjang 25 Lokasi di Bogor Raya

Tetapi, kecepatan maksimum absolut Februari sepanjang 1991 sampai 2020 ialah 30 knots atau 55 kilometer per jam.

"Kejadian kecepatan angin maksimum hingga 30 knots hanya terjadi sekali dalam 30 tahun terakhir, yaitu pada Februari 2004," ujar Teguh dikutip dari Tribun Jabar, Jumat (10/2/2023).

Penyebab angin kencang, sambung Rahayu, ada beberapa. Yaitu aktivitas pertumbuhan siklon tropis dan bibit siklon tropis, serta adanya pertemuan massa udara yang memanjang dari barat Selat Sunda memanjang hingga Jawa Timur.

Baca juga: PKL Masjid Raya Al Jabbar Melonjak Capai 420, Bahkan Masuk Kawasan Zona Merah

"Adanya pusat-pusat tekanan rendah di selatan Jawa, menyebabkan pertemuan angin tersebut menjadi semakin kencang. Kondisi ini diprediksi tetap bertahan selama anomali Suhu Permukaan Laut (SPL) di wilayah Selatan Jawa Barat bersifat hangat atau positif," katanya.

Bila melihat data pertumbuhan Siklon Tropis yang aktif pada saat ini, yaitu TS FREDDY, Rahayu mengatakan kondisi ini akan bertahan hingga 48 jam ke depan

Dia mengimbau kepada masyarakat yang berkepentingan mengunjungi pesisir selatan Jabar untuk waspada, karena dalam beberapa hari ke depan gelombang berpeluang mencapai empat meter.

"Bagi masyarakat yang bepergian, untuk selalu waspada terhadap kejadian angin kencang. Apabila terlihat adanya kejadian angin kencang, masyarakat diimbau untuk berlindung di gedung yang kokoh, hindari berlindung di tempat terbuka atau dekat dengan pepohonan," ucap dia.

Kemudian yang paling penting, hindari berita hoax. Ia mengimbau masyarakat hanya memantau kondisi cuaca terkini melalui kanal-kanal resmi BMKG maupun BMKG di daerah serta kanal berita resmi dari instansi-instansi terkait lainnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Bandung Beberapa Hari Ini Dilanda Angin Kencang sampai 55 Km/jam, Pertama dalam 18 Tahun Terakhir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com