Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu Pagi Anies Hadiri Jalan Sehat PKS di Tasikmalaya, Buru-buru ke Surabaya Deklarasi

Kompas.com - 02/09/2023, 12:27 WIB
Irwan Nugraha,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Calon Presiden Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Anies Baswedan mengunjungi para relawan di Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat dan menghadiri acara jalan sehat PKS di Tasikmalaya pada Sabtu (2/9/2023) pagi.

Seusai acara jalan sehat PKS Tasikmalaya, Anies terlihat buru-buru bertolak ke Surabaya untuk menghadiri Deklarasi Anies-Cak Imin atau Ketua PKB Muhaemin Iskandar menaiki pesawat dari Bandara Wiriadinata Kota Tasikmalaya, Senin siang.

Baca juga: Partai Demokrat Kota Kediri Pasang Baliho Gambar AHY Bertuliskan Tanpa Anies Tambah Manis

"Alhamdulillah, warga Tasikmalaya sangat luar biasa. Saya sempatkan hadir di sini pagi harinya. Sekarang ke Surabaya," jelas Anies kepada Kompas.com sesaat hendak turun di Bandara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, Sabtu siang.

Sebelumnya, seusai Anies menghadiri acara jalan sehat PKS di Jalan Baru Purbaratu, Kota Tasikmalaya, dirinya tak menjawab sepatah katapun saat ditanya para wartawan terkait perubahan koalisi dan memilih Cak Imin jadi calon wakil presidennya.

Dirinya hanya terlihar menyapa ribuan relawan dan kader PKS di Tasikmalaya dalam mobil sedan yang ditumpanginya bersama petinggi PKS di dalamnya.

"Luar biasa, warga Tasikmalaya luar biasa," singkat Anies sembari menyalami warga yang tak henti-hentinya meneriaki namanya.

Adapun beberapa jadwal jalan sehat PKS dan lainnya di Kota Tasikmalaya terpaksa dibatalkan karena harus segera di Surabaya siang harinya.

Sebab, jadwal Deklarasi Anies-Cak Imin direncanakan akan dilaksanakan di sebuah hotel bersejarah di Surabaya pada pukul 14.00 WIB siang hari ini.

Baca juga: Soal Koalisi PDIP-Demokrat, Gibran: Masih Terbuka Nego-nego Pimpinan

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, mengumumkan Cawapres Anies Baswedan kemungkinan besar adalah Ketua Umum PKB Cak Imin atau Muhaemin Iskandar beberapa hari lalu.

Pinangan itu langsung diterima oleh para petinggi PKB dan menyepakati akan dilakukan Deklarasi resmi oleh keduanya di Surabaya siang ini.

Akibat hal itu, Partai Demokrat langsung mencabut resmi dukungannya ke Anies Baswedan dan PKB otomatis keluar dari koalisi mendukung capres lainnya Prabowo Subianto usai peta politik berubah yang tak disangka-sangka ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com