Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetangga Ungkap Karakter Rosmini, Lansia yang Video Mengemisnya Viral

Kompas.com - 29/04/2024, 18:26 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

 

BANDUNG, KOMPAS.com - Rosmini, wanita lanjut usia (lansia) yang viral di media sosial lantaran meminta-minta dan marah ketika tak diberi, pernah menjadi warga Jalan Jati Mekar RT 01 RW 05, Desa Margaasih, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Hal itu dibenarkan Sekretaris RT 01 Supriyanto. Namun tahun 2010, Rosmini sudah tidak pernah terlihat. 

Berdasarkan keterangan pengurus RT dan RW yang lama, keluarga Rosmini menempati wilayah tersebut sejak tahun 2002.

Baca juga: Viral, Video Pedagang Duku Dipalak dan Tas Dirampas Preman di Lampung Tengah

"Tapi tahun 2014 itu, rumahnya sudah dijual oleh keluarganya," katanya saat ditemui di Rumah Ketua RW 05, Senin (29/4/2024).

Dulu, Rosmini tinggal bersama suami serta tiga anaknya di Jalan Jati Mekar RT 01 RW 05, Desa Margaasih, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. 

Alamat yang ada di KTP-nya tersebut, merupakan alamat lama. 

Baca juga: Viral, Video 2 Bocah di Makassar Berbuat Asusila di Area Perkuburan

"Di Kecamatan sudah cabut berkas juga, sekarang enggak tahu domisili di mana. Ketika dicek di online itu keluar nama Rosmini tapi bukan yang bersangkutan," ujarnya.

Setelah tahun 2014 rumah yang ditinggali Rosmini dijual. Dari dulu hingga sekarang, pihak keluarga Rosmini tak pernah meminta surat pindah dari pengurus setempat.

"Enggak pernah minta surat pindah. Kita enggak tahu pindahnya kapan karena tahu-tahu barang-barangnya udah enggak ada," beber dia.

Sosok Tempramental

Sementara Ibu Susilawati, istri dari Ketua RW 05 setempat mengungkapkan, sosok Rosmini yang dikenal temparamental.

Rosmini juga dikenal kurang akrab dengan tetangga sekitar. Gambaran Rosmini di media sosial, sama persis ketika masih menjadi warga Jalan Jati Mekar.

"Orangnya tempramen, sosialisasi ke warga juga kurang. Wataknya emang sama dengan yang di TikTok, kalau dilihatin suka marah. Banyak warga yang kurang suka juga," ungkapnya.

Susilawati menjelaskan, Rosmini memiliki masalah dengan keluarganya. Saat itu, Rosmini berpisah dengan suaminya.

"Anaknya tiga, dua perempuan, satu laki-laki, saya masih ingat terakhir itu yang laki-laki masih SMP," kata Susilawati.

Ia tak menjelaskan lebih jauh soal konflik keluarga Rosmini. Namun saat konflik terjadi, ketiga anaknya sempat dititipkan pada nenek dan kakeknya.

"Suaminya dulu kerja di Karawang, salah satu perusahan BUMN, terus menikah lagi. Jadi waktu ada masalah anak-anaknya sempat pindah dibawa ke rumah neneknya tapi gak tahu yang mana," beber dia.

Dikatakan Susilawati, ini bukan kali pertama Rosmini membuat ramai. Sebelumnya ia sempat ramai juga, disebut sebagai lansia terlantar.

"Ini kejadian udah tiga kali, dulu sebelum viral di TikTok juga pernah kaya gini, kalau dulu disebutnya lansia terlantar," beber dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com