Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampaikan Aspirasi di Bawah Guyuran Hujan, Mahasiswa Demo di Bandung Membubarkan Diri

Kompas.com - 11/04/2022, 17:52 WIB
Agie Permadi,
I Kadek Wira Aditya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Mahasiswa yang berunjuk rasa di depan Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, membubarkan diri setelah menyampaikan aspirasi di bawah guyuran hujan.

Berdasarkan pantauan, para mahasiswa dari berbagai universitas ini membubarkan diri sekitar pukul 16.30 WIB dengan menyanyikan Halo-halo Bandung.

Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Aswin Sipayung mengatakan bahwa berdasarkan pemantauan yang dilakukan kepolisian, kondisi unjuk rasa berjalan aman terkendali.

Baca juga: Demo Mahasiswa 11 April di Bandung Berlangsung di Bawah Guyuran Hujan

"Ya dinformasikan kepada masyarakat sesuai UU, batas dari kegiatan unjuk rasa sampai pukul 18.00 WIB, sampai sekarang hasil pemantauan kami yang ada di depan gesat (Gedung Sate) berjalan aman dan terkendali," ucap Aswin di lokasi, Senin (11/4/2022).

Polisi mengimbau kepada para mahasiswa untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Baca juga: Mahasiswa di Bandung Demo di Depan Gedung Sate dan DPRD Jabar

"Diingatkan agar pulang ke rumah masing-masing," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jabar Menggugat melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate atau Kantor Provinsi Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sejumlah mahasiswa gabungan dari berbagai universitas ini berkumpul menyuarakan aspirasinya.

Mahasiswa di Bandung melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate Bandung, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (11/4/2022).KOMPAS.COM/AGIE PERMADI Mahasiswa di Bandung melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate Bandung, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (11/4/2022).

Salah satu mahasiswa UPI yang merupakan Koordinator lapangan, Andika Fibio mengatakan bahwa isu yang dituntut Alinasi Mahasiswa Jabar ini mengenai kenaikan bahan pokok hingga penundaan pemilu.

"Isu yang diangkat mengenai tentang penundaan pemilu tiga periode, bahan pokok yang naik dan janji politik yang belum terealisasi sepenuhnya," kata Andika di sela demo mahasiswa.

Adapun sebanyak 820 personel Sabhara Polrestabes Bandung dikerahkan untuk mengawal jalannya aksi unjuk rasa tersebut.

Pengawalan demo dilakukan dengan cara persuasif mengedepankan komunikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com