Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenang Sosok Emmeril Kahn Mumtadz, Hendar: Aa Eril Sangat Mandiri

Kompas.com - 03/06/2022, 12:07 WIB
Dendi Ramdhani,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Air mata Hendar Zaehanan (33), menetes saat mengenang sosok Emmeril Kahn Mumtadz (Eril). Hendar merupakan asisten rumah tangga keluarga Ridwan Kamil yang bertugas membantu segala kebutuhan kedua anaknya, Eril dan Zara.

"Saya dulu kerja tahun 2007, saya kebetulan asal dari Bungbulang, Garut. Saya dibawa teman saya yang kerja di kantor bapak. Tapi saya dipindah kerja ke Rumah Botol (kediaman pribadi keluarga Ridwan Kamil). Saat itu saya ditugaskan untuk antar jemput anak-anak, Eril sama Zara," kata Hendar kepada Kompas.com, Jumat (3/6/2022).

Hendar menyaksikan Eril kecil hingga beranjak dewasa.

Baca juga: Perjalanan Hilangnya Eril Saat Berenang di Swiss hingga Dinyatakan Meninggal Dunia

"Setiap hari nganter sekolah, kalau nggak salah Aa Eril lagi kelas 2 SD dan Teh Zara lagi playgorup. Jadi keseharian mereka sama saya. Pagi diantar, siang dijemput, les bimbel, les berenang, diantar juga," kenang Hendar.

Hendar mengatakan, Eril merupakan sosok mandiri. Sejak kecil, kata Hendar, Eril dididik agar tidak manja.

"Aa Eril itu nggak manja dari kecil juga. Ibu dan bapak mendidiknya bagus. Aa Eril dan Zara juga dididik mandiri," kata dia.

Banyak kenangan yang Hendar lalui bersama Eril. Salah satu kebiasaan Eril kecil, kata Hendar, sering tidur di motor saat pulang sekolah.

"Kenangan sama Aa Eril, saya sering hujan-hujanan. Pas di motor, Eril tidur, mau jatuh tapi untung ketahan. Dia suka tidur di motor," ungkapnya.

Kemandirian Eril juga diperlihatkan saat dewasa. Eril yang masih sering tinggal di Rumah Botol, kata Hendar, kerap belanja dan masak sendiri.

Baca juga: Keadaan Eril Syahid Akhirat, Pencarian Hari Ke-8 Kerahkan Anjing Pelacak

"Bahkan terakhir ketemu sebelum berangkat (ke Swiss) dia beres-beres koper sendiri, makan, masak, belanja ke pasar sendiri. Anaknya memang nggak manja. Itu jadi contoh buat saya," ujar pria berusia 33 tahun itu.

Hendar masih menaruh harapan besar Eril bisa ditemukan dalam kondisi apapun.

"Harapan saya kepada Allah mudah-mudahan Aa Eril ditemukan, semoga ditemukan dalam kondisi selamat. Walaupun ada rencana lain, yang penting Aa Eril ketemu dalam kondisi apapun," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com