Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Telur Ayam di Cianjur Tembus Rp 31.000 Per Kg, Pedagang Ungkap Penyebabnya

Kompas.com - 22/08/2022, 10:47 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Reni Susanti

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Harga telur ayam ras di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menembus Rp 31.000 per kilogram.

“Ini yang paling tinggi sepanjang saya jualan di sini,” ujar Agus Suhendar (36), seorang pedagang telur di Pasar Muka Cianjur, kepada Kompas.com, Minggu (21/8/2022).

Agus menjelaskan, selama ini harga telur paling tinggi berada di kisaran Rp 28.000 per kilogram. Itu pun terjadi di momen tertentu, seperti Lebaran, Natal, dan Imlek.

Baca juga: Siswa SD di Cianjur Belajar di Bawah Pohon karena Kelas Rusak, Bupati: Sabar Dulu Sebentar

Ia tidak mengetahui persis penyebab kenaikan ini. Namun, informasi dari agen, kenaikan harga telur dipicu naiknya harga pakan.

“Naiknya bertahap ya dari dua bulan terakhir. Awalnya di Rp 22.000 jadi Rp 28.000, dan sekarang sejak Idul Adha kemarin jadi Rp 31.000 per kilogram,” ujar Agus.

Sekretaris Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan UMKM Cianjur Wahyu Ginanjar mengatakan, tingginya harga telur ayam saat ini dipengaruhi sejumlah faktor, salah satunya kenaikan harga pakan. 

Baca juga: TKW Asal Cianjur Korban Penyiraman Bubur Panas oleh Majikannya Berhasil Dipulangkan

“Termasuk karena kondisi cuaca pancaroba, ya, yang menurunkan produksi,” kata Wahyu kepada Kompas.com melalui telepon seluler, Senin (22/8/2022). 

“Kondisi ini juga dipengaruhi tingginya permintaan, sementara suplai sedang menurun, termasuk ada biaya transportasi yang meningkat karena BBM naik,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com