Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Big Bad Wolf Books Kembali Digelar di Bandung Barat, Catat Tanggalnya

Kompas.com - 29/08/2022, 20:42 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Bazar buku internasional, Big Bad Wolf Books (BBWB) kembali digelar tahun ini di Parahyangan Convention, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, mulai 2-11 September 2022. 

Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia Uli Silalahi mengatakan, bazar buku ini menjadi perhelatan bazar buku terbesar setelah dua tahun vakum dihantam pandemi Covid-19.

"Bazar Buku Internasional Big Bad Wolf Books kembali digelar secara online menyapa warga Bandung dan Jawa Barat setelah dua tahun vakum dari pandemi Covid-19 melanda dunia," ujar Uli saat konferensi pers di Bandung Barat, Senin (29/8/2022).

Baca juga: Insiden Bentrok Pendukung Persikab vs PSIM Yogyakarta, Kapolresta Bandung: Tak Ada Korban Jiwa

Uli menjelaskan, gelaran bazar buku ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat Jawa Barat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat, Indeks Literasi Digital Indonesia 2021, Jawa Barat memeroleh skor literasi digital yaitu 3,47 (dari nilai tertinggi 3,71) dari 34 provinsi di Indonesia.

Skor literasi digital itu dihitung dari 3 pilar digital yakni budaya digital, etika digital, dan kecakapan digital.

"Ini untuk meningkatkan literasi dan menyebarkan budaya gemar membaca sejak dini adalah komitmen Big Bad Wolf Books untuk Indonesia dengan menghadirkan akses buku internasional yang bermutu dengan harga terjangkau bagi semua genre," ungkap Uli.

Tahun ini, Big Bad Wolf Books Indonesia akan menyiapkan 35.000 judul baru baik buku lokal maupun internasional. Dari setiap judulnya akan ada ratusan eksemplar yang bisa dibaca hingga dibeli pecinta buku.

Baca juga: Menu Makan Siang Jokowi dan Ridwan Kamil di RM Sambara Bandung

"Silakan datang, baca baru membeli. Silakan menikmati buku di sini. Ada diskon 50 sampai 90 persen. Bukunya ada dari Amerika, Malaysia. Komplet semua genre buku ada," tutur Uli.

"Selain menghadirkan buku-buku internasional, Big Bad Wolf Books online juga menyuguhkan buku-buku lokal dari lebih 25 penerbit Indonesia," imbuhnya.

Misi lebih jauh dari bazar buku ini adalah untuk menekan angka kekerasan dan menjunjung tinggi etika dalam media sosial khususnya di negara demokrasi.

"Kegiatan membaca adalah kegiatan positif yang bisa dilakukan di mana pun dan waktu kapan pun, terbukti pada masa pandemik kegiatan membaca terus berlangsung giat. Masyarakat yang mempunyai budaya membaca tinggi, akan menjadi suatu negara yang maju dan juga memiliki angka kekerasan yang rendah," tutup Uli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com