Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bencana Banjir di Cianjur, 3 Kampung Terendam hingga Warga Terjebak

Kompas.com - 06/11/2022, 07:08 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Banjir bandang menerjang tiga kampung di Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (5/11/2022).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Rudi Wibowo menjelaskan, ketiga kampung itu adalah Jogjogan, Babakan dan Bobojong.

"Ada rumah-rumah warga dan beberapa fasilitas umum yang terdampak. Jumlahnya masih didata, diperkirakan seratusan," kata Rudi saat dihubungi via telepon seluler, Sabtu malam.

Sementara itu, kata Rudi, sejumlah warga dilaporkan sempat terjebak banjir. Warga tak sempat mengungsi karena banjir datang dengan cepat. 

Baca juga: Banjir Bandang Rendam Ratusan Rumah di Cianjur

"Informasi yang kami dapat hujan lebat dengan intensitas tinggi sudah terjadi sejak Sabtu petang, membuat Sungai Cidamar meluap. Sebagian kecil warga melakukan evakuasi mandiri, namun masih banyak yang terjebak banjir yang datang tiba-tiba dan merendam perkampungan," katanya, dilansir dari Antara.

Baca juga: Minahasa Diterjang Banjir, 300 Rumah Terdampak, Warga Direlokasi ke Gedung Sekolah


Tak ada korban jiwa

Rudi menambahkan, ada laporan tiga rumah di Kampung Jogjogan yang terseret derasnya banjir. Namun demikian, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

Lalu berdasar data sementara jumlah total rumah yang terdampak banjir adalah 100 unit. Namun pihaknya masih terus menunggu perkembangan laporan dari petugas di lapangan.

"Saat ini, kita fokuskan evakuasi warga karena hujan masih turun dan arus sungai masih deras masuk ke perkampungan warga. Kita akan mendirikan posko untuk menyalurkan bantuan," kata Rudi.

(Penulis : Kontributor Cianjur, Firman Taufiqurrahman | Editor : Krisiandi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com