Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patok Target Rp 188 Triliun Investasi, Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah Jemput Bola

Kompas.com - 28/02/2023, 16:06 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan nilai investasi sebesar Rp 188 triliun pada 2023.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, target tersebut realistis untuk dicapai mengingat kondisi ekonomi Jabar yang tengah membaik setelah pandemi.

Hal itu dikatakan Ridwan Kamil dalam acara Forum Investasi Jawa Barat 2023 yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat dan Dinas PMPTSP Provinsi Jawa Barat di Trans Luxury Hotel Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (28/2/2023).

Baca juga: Jadi Capres Alternatif, Ridwan Kamil Patuhi Aturan Partai Golkar Dukung Airlangga

"Rezeki harus dijemput tidak bisa ditunggu kalau saya punya skil untuk merayu orang kalau kepala daerah bupati wali kotanya belum punya minimal kepala dinas PTSP-nya yang punya skil itu jadi harus banyak bikin acara dan banyak bikin macam-macam," kata Emil, sapaan akrabnya.

Emil menuturkan, indikator ekonomi Jawa Barat menunjukan musim yang cerah setelah pada tahun lalu meraih banyak capaian positif.

Baca juga: Unggah Video Copet Perempuan Tertangkap di Masjid Al Jabbar, Ridwan Kamil: Mereka Lakukan Segala Cara...

 

Mulai dari investasi tertinggi se-Indonesia, laju pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Jawa, hingga penurunan kemiskinan.

"Performa ekonomi sudah paling bagus, kita bersyukur provinsi ini lagi bagus. Secara umum investasi kita juara," ucapnya.

Ia menilai, upaya Pemprov Jabar dalam menarik investor sudah sangat agresif dan mesti diimbangi oleh kemampuan yang sama di tingkat daerah.

Dia menyarankan agar kepala daerah di Jawa Barat untuk menambah kapasitas dan kemampuan bahasa inggris dan lobi agar bisa menarik investor.

"Itulah kenapa kalau 2017 Jawa Barat masih ranking 2 realisasi investasi, sekarang sudah lima tahun berturut-turut ranking 1, politik door to door bukan jaga warung," katanya.

Kepala DPMPTSP Jawa Barat, Nining Yulitistiani mengatakan, Forum Investasi Jabar 2023 merupakan wadah komunikasi antara pemerintah dengan para pelaku usaha di Jawa Barat.

“Bertujuan untuk mendorong adanya hilirisasi investasi di Jawa Barat, tercatatnya kemitraan antara pelaku usaha besar dengan IKM di Jawa Barat, serta kick off penyusunan Investment Project Ready to Offer di Jawa Barat,” tuturnya.

Untuk diketahui, realisasi investasi di Jawa Barat pada 2022 mencapai Rp 174,6 triliun, melewati target dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebesar 103,14 persen dan target Renstra sebesar 166,26 persen.

Angka tersebut terdiri dari PMA sebesar Rp 93,77 triliun dan PMDN sebesar Rp 80,81 triliun. Sementara itu, target realisasi investasi tahun 2023 ditetapkan sebesar Rp 188,03 triliun.

"Tahun ini kita optimis mencapai target yang diberikan BKPM, karena pada 2022 saja kita sudah mencapai Rp174,6 triliun, ini melebihi target yang diberikan," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com