Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Rusak di Purwakarta Jadi Sorotan Setelah Bupati Beri Nmax ke Perangkat Desa

Kompas.com - 14/04/2023, 21:14 WIB
Farida Farhan,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com-Warganet mengunggah jalan rusak di Purwakarta dan menyoroti kebijakan pemberian kendaraan operasional berupa motor NMax bagi perangkat desa.

Video tersebut diunggah ke media sosial salah satunya TikTok.

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebut perbaikan jalan tengah dalam proses.

"Perbaikan jalan tengah dalam proses bahkan untuk menghubungkan Kecamatan Maniis dan Sukarasi, Pemkab Purwakarta sudah menyelesaikan pembangunan Jembatan Cibayongbong," kata Anne melalui pesan singkat, Jumat (14/4/2023).

Baca juga: Bupati Purwakarta Bantah Bagikan Motor Nmax ke Kades untuk Kepentingan Pemilu 2024

Anne menyebutkan rencana pembangunan daerah tahun 2024 mendatang, Pemkab Purwakarta fokus pada 12 program prioritas pembangunan.

"Ke-12 prioritas pembangunan daerah ini, dituangkan lebih lanjut ke dalam fokus pembangunan yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah teknis dalam dokumen perencanaan kerja perangkat daerah (Renja PD) masing-masing," kata Anne.

Sebelumnya Anne juga membantah kebijakan pemberian kendaraan operasional kepada perangkat desa berupa sepeda motor NMax merupakan bagian dari politik jelang Pemilu 2024.

Penyaluran bantuan kendaraan operasional seda motor oleh Pemkab Purwakarta sepada perangkat desa pada 10 April 2023.Dok. Pemkab Purwakarta Penyaluran bantuan kendaraan operasional seda motor oleh Pemkab Purwakarta sepada perangkat desa pada 10 April 2023.

Pembagian sepeda motor tersebut tidak ada kaitannya tahun politik," kata Anne melalui pesan singkat, Kamis (13/4/2023).

Anne menyebut pengadaan sepeda motor tersebut sudah masuk dalam perencanaan tahun tahun sebelumnya, tapi sempat terganjal karena Covid-19.

Baca juga: Jelaskan Dasar Pengadaan 295 Motor untuk Kades, Bupati Wonogiri: Apresiasi 2 Kali Juara Tata Kelola Dana Desa Se-Jateng

Pemberian sepeda motor itu pun baru bisa tersalurkan pada Senin (10/4/2023). Anggarannya pembeliannya sebesar Rp 6.504.680.000.

Anne menyebut tujuan pemberian 183 sepeda motor itu sebagai bentuk dukungan Pemerintah Daerah Purwakarta kepada seluruh pemerintah desa dalam pelaksanaan tugas-tugas untuk melayani dan mengelola desa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com