Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu Merah di Bandung Barat Tumbang Dimakan Usia

Kompas.com - 12/07/2023, 16:12 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com- Sebuah tiang lampu lalu lintas tumbang menimpa badan jalan di Jalan Raya Cimareme, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Rabu (12/7/2023).

Lampu merah itu roboh setelah diterjang angin kencang dan tertimpa batang pohon yang patah. Akibatnya, tiang itu tumbang dan menghalangi badan jalan.

"Petugas kepolisian dibantu warga sekitar langsung mengevakuasi dan melakukan pengaturan arus lalu lintas. Sekarang tiangnya sudah dievakuasi ke tepi jalan agar tidak menghambat lalu lintas," ujar Kapolsek Padalarang, Kompol Darwan saat dihubungi, Rabu (12/7/2023).

Baca juga: Motor Tabrak Truk yang Berhenti di Lampu Lalu Lintas, Dua Remaja Tewas di Lokasi Kecelakaan

Imbas dari robohnya lampu merah di Cimareme, arus lalu lintas dari arah Padalarang menuju Bandung sempat terhambat. Sementara lajur yang bisa dilalui hanya lajur arus dari Bandung menuju Padalarang.

"Beruntung evakuasi langsung dilakukan, sehingga hambatan tidak terlalu lama. Saat ini arus lalu lintas berangsur normal," kata Darwan.

Sementara itu, Kepala Dishub Bandung Barat Fauzan Azima mengatakan, lampu merah yang tumbang ini merupakan lampu lalu lintas dengan tiang yang sudah keropos alias rapuh.

"Memang sudah dimakan usia. Lampu merah ini sudah ada jauh sebelum Bandung Barat berdiri. Jadi memang sudah lama. Aset lampu merahnya bukan punya kami, tapi milik perumahan," ungkap Fauzan.

Baca juga: Detik-detik Truk Semen Tabrak Lampu Lalu Lintas dan Pohon hingga Trotoar Ambles

Meski demikian, peristiwa tumbangnya lampu merah akibat diterjang angin dan lapuk dimakan usia ini akan menjadi evaluasi Dishub Bandung Barat untuk mengecek kondisi rambu-rambu dan fasilitas jalan.

"Kita akan lakukan pengecekan ke semua titik untuk memastikan kondisi fasilitas lalu lintas untuk mencegah adanya kejadian serupa," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com