Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Kemiskinan di Pelosok Bogor Membuat Satu Keluarga Jadi Korban Tambang Emas Banyumas

Kompas.com - 03/08/2023, 06:48 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Jauh di pelosok bawah kaki Gunung Halimun Salak, Bogor, satu keluarga besar masih hanyut dalam kesedihan usai kehilangan delapan anggota keluarga di lubang galian tambang emas, di Banyumas, Jawa Tengah.

Kini, mereka hanya bisa berharap kelak ada keajaiban lewat doa-doa yang mereka kirim.

Delapan anggota keluarga yang bekerja sebagai penambang emas dinyatakan hilang setelah terjebak di lubang sedalam 60 meter sejak Selasa (25/7/2023).

Mereka adalah Mulyadi (40), Marmumin (32), Muhidin (44), Ajat (29), Mad Kholis (32), Cecep Supriyana (29), Rama Abd Rohman (38), dan Jumadi (33).

Baca juga: Akhir Operasi SAR 8 Penambang Emas di Banyumas, Korban Dinyatakan Hilang dan Diabadikan dalam Prasasti

Semua korban adalah satu keluarga besar yang ingin mengubah nasib menjadi lebih baik. Himpitan ekonomi membuat mereka nekat bertaruh nyawa di lubang tambang emas ilegal tersebut. Mereka adalah tulang punggung keluarga.

Saat Kompas.com berkunjung ke kediaman Neneng (39), istri korban Mulyadi (40), tampak rumah itu baru setengah selesai dibangun. Semen berserakan di dalam rumah kecil itu. Ruang tamu pun sesak oleh perabot rumah.

Neneng duduk terpaku di teras rumah. Matanya sembab. Tatapannya kosong. Batinnya masih terguncang. Ia teringat pertemuan terakhir dengan suaminya. Ia pun mengusap air matanya menggunakan ujung kerudung.

Bukan hanya Neneng, istri lainnya juga merasakan tekanan batin setelah mengetahui korban belum bisa diselamatkan.

Bahkan, ada seorang istri yang sering membayangkan suaminya datang ke rumah. Setiap melihat orang naik motor lewat depan rumahnya, maka si istri akan teriak memanggil dan menghampiri.

Neneng dan dua anak perempuannya adalah satu dari sekian keluarga yang berusaha tegar. Mereka harus kembali mengakrabi kemiskinan setelah suami belum ditemukan dan dinyatakan hilang di lubang galian itu.

Kerabat dan saudara lain pun tampak kompak bergantian datang ke rumah untuk saling menguatkan. Rumah para pekerja tambang itu sangat berdekatan di satu desa, satu kecamatan. Paling banyak adalah warga Kampung Gunung Leutik, Desa Kiarasari, Sukajaya.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com