Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Gesekan Agama Jelang Pemilu 2024, Pemprov Jabar Maksimalkan Peran FKUB

Kompas.com - 26/08/2023, 10:21 WIB
Agie Permadi,
Krisiandi

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) memiliki peran penting dalam mencegah gesekan dan menjaga kerukunan umat jelang Pemilu 2024 ini.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat membuka Rapat Koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se Jawa Barat.

Dalam keterangannya, Uu menyebut bahwa kerukunan antar umat beragama merupakan salah satu modal dalam mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi bangsa yang maju dan sejahtera. Oleh karena itu, kerukunan antar umat beragama harus dibangun dan dijaga.

“Diharapkan melalui kegiatan ini situasi kondisi menjelang kegiatan politik tingkat nasional Jawa Barat tetap aman dan nyaman,” ungkap Uu, Sabtu (26/8/2023).

Baca juga: Paparkan Program Kerja di Apel Pemenangan Pemilu, Ganjar: Kita Harus Memimpin Agar Bisa Melakukan Lompatan Besar

“Terutama tidak diharapkan ada gesekan-gesekan agama, karena gesekan agama itu paling sekali untuk memberikan emosi terhadap umatnya,” imbuhnya.

Dalam hal ini, peran FKUB dinilai sangat penting dalam menjaga kerukunan dan kedamaian antar umat beragama, kenyaman dan kedamaian merupakan syarat mutlak untuk pembangunan.

Guna menjaga kerukunan ini, Uu Berharap FKUB bisa terus berkolaborasi dengan Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat dan seluruh komponn masyarakat, sebab kenyamanan dan kedamaian menjadi tanggung jawab bersama.

Uu juga berharap FKUB memahami nilai-nilai Pancasila yang menjadi padangan hidup yang mengatur berbagai aspek mulai dari nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuaan, kerakyatan, keadilan dan nilai positif lainnya.

Baca juga: 50 Personel Pengawas Pemilu Diterjunkan Untuk Awasi Apel Siaga Pemenangan Pemilu PDIP Jateng di Semarang

“Dengan menguatkan nilai-nilai Pancasila segala perbedaan akan diminimalisir dan kedamaian dan keamanan akan terwujud. Karena para pendiri negara kita sudah tau Indonesia ini berbagai macam ras, suku dan agama,” pungkas Wagub Jabar.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat Iip Hidajat, menjelaskan bahwa Rakor FKUB tak hanya memperkuat komunikasi, koordinasi, sinergi serta kolaborasi antara Pemerintah dan pengurus FKUB saja.

Tetapi juga mengoptimalkan peran dan fungsi FKUB Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jawa Barat dalam menjaga kondusifitas di Jawa Barat menjelang Pemilu tahun 2024 untuk menciptakan Pemilu yang Aman dan Kondusif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com