Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Sebut Kebakaran TPA Sarimukti Tinggal Sisakan Asap

Kompas.com - 28/08/2023, 18:43 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

 

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, kebakaran TPA Sarimukti sudah membaik. Titik-titik api sudah tidak ada, hanya menyisakan asap.

"Mungkin sehari atau dua hari ini bisa selesai," ditemui usai kegiatan Wisuda Tahfiz Quran di Gedong Budaya Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (28/8/2023).

Pria yang akrab disapa Emil ini menjelaskan, penampungan sementara sampah sudah disiapkan. Kemungkinan, hari ini atau besok pembuangan sudah bisa beroperasi.

Baca juga: 892.000 Liter Air untuk Operasi Water Bombing Kebakaran TPA Sarimukti

"Saya sudah minta kepada seluruh kota dan kabupaten untuk mengurangi sampah. Dari 450 ritase truk, dikurangi minimal setengahnya. Sehingga masyarakat kelola sampahnya sendiri, jangan semua dibuang," tutur Emil.

Misal, buatlah kompos dari sumber-sumber sampah. Sehingga kalau ada sisa makanan seperti nasi dan sayur, jangan dibuang ke tempat sampah.

"Dibikin kompos di halaman masing-masing. Kalau itu dilakukan, maka volume truk yang datang ke Sarimukti akan sedikit. Dan sifatnya hanya residu bukan sampah mentah langsung, reduksi dari sumbernya, target setengahnya harus berkurang," ungkapnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Tetapkan Bandung Raya Darurat Sampah, Ema Siapkan Biaya Tak Terduga

Ditanya terkait aktivasi TPA Legok Nangka, Emil mengatakan, masih butuh proses. 

"Sudah diumumkan pemenangnya, teknologi Jepang Sumitomo. Butuh waktu berproses, mungkin dalam hitungan setahun selesai. Maka Jawa Barat naik kelas, pengelolaannya kelas dunia," pungkas dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com