Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skywalk Tahap 2 Diresmikan, Harapan Baru PKL Teras Cihampelas

Kompas.com - 19/09/2023, 22:38 WIB
Putra Prima Perdana,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Skywalk Cihampelas atau lebih dikenal dengan nama Teras Cihampelas, adalah salah satu inovasi Pemerintah Kota Bandung di masa kepemimpinan pasangan Ridwan Kamil-Oded M Danial sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung.

Kawasan ini dibangun untuk merelokasi pedagang kaki lima (PKL) yang memadati sepanjang jalan Cihampelas pada tahun 2017 lalu.

Namun demikian, Teras Cihampelas yang kala itu diproyeksikan menjadi destinasi wisata baru di Kota Bandung hanya ramai di awal saja. Bangunan yang menghabiskan biaya pembangunan sebesar Rp 48 miliar tersebut perlahan menjadi kumuh.

Baca juga: Heboh Video Mesum Remaja di Teras Cihampelas, Ini Kata Pemkot Bandung

Pendapatan pra PKL yang direlokasi lama kelamaan anjlok, jauh dari pendapatan mereka sebelum direlokasi ke atas pedestrian langit tersebut.

Faktornya berbagai macam, beberapa di antaranya karena sulitnya akses parkir untuk pengunjung dan munculnya PKL baru di bawah skywalk yang membuat pengunjung malas naik ke atas.

Kondisi semakin suram ketika memasuki masa pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun. Ratusan kios-kios kecil satu demi satu ditinggalkan pedagang.

Pada Agustus 2018, Pemkot Bandung memulai pembangunan Skywalk Cihampelas tahap 2.

Namun dikarenakan kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut tidak bisa menyelesaikan pembangunan dan memenuhi target yang ditentukan Pemkot Bandung, akibatnya proyek tersebut dihentikan pada bulan Maret 2019 lalu.

Setelah mangkrak selama empat tahun di masa kepemimpinan pasangan Oded M Danial-Yana Mulyana, Teras Cihampelas tahap 2 akhirnya selesai dan diresmikan oleh Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna, Selasa (19/9/2023).

Skywalk sepanjang 250 meter tersebut cukup cantik dan menarik. Sisi kiri dan kanan dihiasi dahan-dahan pohon yang rindang. Daun daun kering yang berguguran dari pepohonan membuat suasana menjadi lebih estetik.

Di ujung Teras Cihampelas, terdapat spot foto yang cukup menarik karena menampilkan salah satu landmark Kota Bandung yakni Flyover Pasopati.

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, Teras Cihampelas tahap 2 ini diharapkan menjadi jawaban untuk para PKL yang selama beberapa tahun ini selalu mengeluhkan sepinya pengunjung yang berimbas kepada minimnya pendapatan mereka.

Skywalk Teras Cihampelas tahap 2 selesai dibangun.KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANA Skywalk Teras Cihampelas tahap 2 selesai dibangun.

"Kita sedang berupaya melalui persemian ini Teras Cihampelas bisa kembali direaktivasi. Jujur pada tahap pertama, setelah para PKL kita pindahkan, yang terdengar hanya komplain dan komplain. Karena ternyata tidak mudah mengubah perilaku konsumen yang datang ke Cihampelas untuk bisa tertarik mengunjungi PKL di atas sini," kata Ema saat ditemui seusai peresmian, Selasa sore.

Ema berharap, empat tambahan trase ini bisa menjadi wadah kreatif bagi masyarakat Kota Bandung, dan juga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

"Kita bisa bermusik di sini, anak-anak bisa belajar di sini, atau orang dewasa bisa bekerja di sini karena kan ada working space gratis. Ini sangat luar biasa," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com