Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Intip Pengerjaan Sayap Garuda IKN di Studio Nyoman Nuarta Bandung

Kompas.com - 03/10/2023, 17:16 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Calon Presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo menyambangi workshop pengerjaan sayap garuda untuk Kantor Presiden di IKN.

Ganjar sengaja melihat langsung proses pembuatan bilah-bilah sayap garuda IKN itu di NuArt Sculpture Park milik seniman Nyoman Nuarta yang berada di Setra Duta Raya No.L6, Ciwaruga, Selasa (3/10/2023).

Ganjar dibawa keliling studio untuk mencermati proses pembuatan partikel-partikel sebelum menjadi sebuah konstruksi bangunan yang super megah untuk kantor presiden kelak.

Baca juga: Sayap Garuda IKN Karya Nyoman Nuarta Dikirim dari Bandung, Ditargetkan Mei 2024 Selesai

"Luar biasa ceritanya, ternyata di balik keindahan IKN ada tangan Nyoman Nuarta dengan dinamika yang luar biasa, diceritakan teknisnya, seninya, konstruksinya, banyak mendapat insight dari karya yang disiapkan dari IKN," ujar Ganjar di sela kunjungannya, Selasa (3/10/2023).

Ganjar diperlihatkan desain kantor Presiden melalui video 3 dimensi yang digambar oleh Nyoman. Dari gambar itu, Ganjar berdecak kagum membayangkan kemegahan IKN jika sudah rampung dikerjakan.

"Saya tadi liat videonya, wow. Dia adalah seniman yang saya kagumi, dan mendunia. Saya berdiskusi, melihat karyanya, melihat warokshopnya," kata Ganjar.

"Ini menunjukan seniman kita dahsyat, bisa, mampu membuat sendiri. Nyoman ini salah satu seniman yang tidak hanya bangun fisiknya saja, tetapi memberikan nuansa yang komprehensif," sambung dia.

Selain dari estetika desain bangunan, Ganjar juga memuji bagaimana Nyoman menyiapkan lanskap lahan untuk pendirian bangunan dengan memperhitungkan semua aspek.

"Nyoman juga membicarakan soal struktur, landscape, termasuk bagaimana merealisasikan dengan sosial teknologi sistem transportasi," tuturnya.

Baca juga: Banjir Tawaran dari Tim Pemenangan Ganjar hingga Bacawapres Prabowo, Gibran Ikut Keputusan Megawati

Sementara itu, Nyoman Nuarta mengatakan, pihaknya terbuka untuk didatangi siapapun, terlepas dia calon presiden maupun bukan.

Sebelumnya, orang nomor satu sudah mengintip langsung bagaimana Nyoman menyiapkan desain dan mengerjakan gedung presiden di studionya.

"Ya kita kan bisa nunggu siapa aja, Presiden sudah ke sini, kemarin ketua otorita IKN datang. Terus ketua-ketua suku dayak datang," kata Nyoman.

Nyoman juga terbuka kepada calon presiden yang lain jika ingin melihat langsung proses pembuatan bilah-bilah sayap garuda untuk kantor Presiden.

"Gak apa-apa (ke sini). Pokoknya itu syaratnya harus dukung dulu. Kalau gak ngapain juga kesini, kan pengen lihat (progres)," tutup Nyoman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com