Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Garut Rudy Gunawan Siap Maju Jadi Calon Gubernur Jabar

Kompas.com - 05/10/2023, 11:48 WIB
Ari Maulana Karang,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

GARUT, Kompas.com - Bupati Garut Rudy Gunawan yang akan habis masa jabatannya sebagai Bupati Garut pada Januari 2024 menyatakan siap mencalonkan diri menjadi Gubernur Jawa Barat pada Pilkada Jabar 2024.

"Iya, siap saya serius," tegasnya saat ditemui usai mengikuti upacara HUT TNI di Alun-Alun Garut, Kamis (5/10/2023).

Baca juga: Menyusuri Jalan Stum Jalur Bersejarah Era Kolonial Belanda di Garut

Rudy menegaskan, salah satu motif dirinya mencalonkan diri menjadi Gubernur Jawa Barat karena melihat adanya ketimpangan ekonomi yang begitu tinggi di Jawa Barat.

"Jawa Barat itu jumlah penduduknya terbesar di Indonesia, investasi paling besar ada di Jawa Barat," jelas Rudy.

Namun menurut Rudy, tingginya investasi di Jawa Barat, belum memberikan kesejahteraan yang merata bagi masyarakat Jawa Barat.

Hal ini setidaknya bisa dilihat dari angka pendapatan per kapita penduduk Jabar yang hanya Rp 45 juta per tahun, jauh di bawah angka pendapatan per kapita nasional yang angkanya mencapai Rp 75 juta per tahun. 

"Berarti pendapatan per kapitanya jauh dibawah rata-rata nasional, kalau investasi juara, tapi pendapatan per kapita rendah," katanya.

Baca juga: PAN Usung Desy Ratnasari Jadi Calon Gubernur Jawa Barat

Timpangnya angka pendapatan per kapita warga Jabar, menurut Rudy salahsatunya terjadi karena pembangunan di sektor pertanian tidak ikut digenjot, mengingat banyak masyarakat Jabar saat ini masih bermata pencaharian sebagai petani.

"Saya serius ini, dari Garut harus berani maju jadi calon gubernur, tapi kita juga lihat nanti hasil Pileg dan Pilpres," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com