Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadis PMD Jabar Dicky Saromi Ditunjuk Jadi Pj Wali Kota Cimahi

Kompas.com - 20/10/2023, 12:42 WIB
Teuku Muhammad Valdy Arief

Editor

KOMPAS.com-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jabar Dicky Saromi ditunjuk menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi

Dia menggantikan Dikdik Suratno Nugrahawan. 

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan, penunjukkan Dicky berdasar surat keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diterimanya.

"Saya sudah terima suratnya, Pak Dicky Saromi, Kepala DPMD (dilantik) di Gedung Sate," ucap Bey di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat.

Baca juga: Mendagri Ungkap Pencopotan Pj Walkot Cimahi karena Gagal Tekan Inflasi

Dicky akan dilantik sebagai Pj Wali Kota Cimahi di Gedung Sate Kota Bandung pada hari Minggu (22/10/2023).

"Hari Minggu akan dilantik Pj Wali Kota Cimahi. Kemungkinan siang atau sore, soalnya pagi ada acara Hari Santri di Tasikmalaya," ujar Bey.

Dicky Saromi akan resmi menjadi Pj Wali Kota Cimahi hingga kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) rampung pada akhir November 2024.

Dia sebelumnya pernah ditunjuk sebagai Pj Bupati Cirebon pada 2019, saat ini masih menjabat sebagai Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Barat.

Baca juga: Dicopot dari Jabatan, Pj Wali Kota Cimahi: Dari Januari hingga September Angka Inflasi Turun

Sebelumnya, pencopotan Dikdik Suratno Nugrahawan merupakan buntut kekecewaan Mendagri Tito Karnavian karena gagal mengintervensi inflasi dan menstabilkan harga beras di Cimahi.

Dalam rapat koordinasi pengendalian inflasi 2023 yang disiarkan di kanal YouTube Kemendagri beberapa waktu lalu, Tito mengaku telah berulang kali mengingatkan agar Pj Wali Kota Cimahi untuk mengendalikan inflasi, tapi tidak direspon secara optimal. 

Hal itu menjadi alasan penguat untuk memberhentikan Dikdik Suratno Nugrahawan selaku Pj Wali Kota Cimahi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com