Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD Usulkan 3 Nama Pj Wali Kota Cimahi, Kemendagri Tunjuk Kepala DPMD Jabar

Kompas.com - 20/10/2023, 14:44 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi

CIMAHI, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat Dicky Saromi, ditunjuk sebagai penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi menggantikan Dikdik Suratno Nugrahawan.

Informasi mengenai penunjukkan Pj Wali Kota Cimahi baru itu disampaikan Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Zulkarnain. Ia mengaku sudah mendapat informasi mengenai penggantian kepala daerah sementara Kota Cimahi.

"Pj kepala daerah memang kewenangan mutlak Menteri Dalam Negeri untuk mengeluarkan keputusannya. Sudah konfirm (Dicky Saromi), Pj Gubernur yang menyampaikan," ujar Azul sapaan akrab chmad Zulkarnain saat dihubungi, Jumat (20/10/2023).

Baca juga: Kadis PMD Jabar Dicky Saromi Ditunjuk Jadi Pj Wali Kota Cimahi

Dicky Saromi rencananya akan dilantik menjadi Pj Wali Kota Cimahi oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin di Gedung Sate pada Minggu (22/10/2023). 

"Tapi intinya (pelantikan Pj Wali Kota Cimahi) itu kewenangan dari provinsi kita hanya menerima undangan buat pelantikan saja," kata Azul.

Baca juga: Dicopot dari Jabatan, Pj Wali Kota Cimahi: Dari Januari hingga September Angka Inflasi Turun

Azul menyampaikan, sebelumnya DPRD Kota Cimahi sudah mengusulkan tiga nama untuk dipertimbangkan sebagai Pj Wali Kota Cimahi.

Yakni Pj Wali Kota Cimahi saat ini Dikdik Nugrahawan, Kepala Badan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Jabar Hery Antasari, dan Kepala DPMD Jabar Dicky Saromi.

Dari tiga nama yang diusulkan, Kemendagri menimbang ketiganya hingga menunjuk Dicky Saromi sebagai pengganti Pj Wali Kota Cimahi menggantikan Dikdik yang habis masa pada 22 Oktober 2023.

"Gak masalah kan hanya sekadar ajuan, tapi yang menentukan adalah Menteri Dalam Negeri lewat persetujuan presiden," sebut Azul.

Sebelumnya, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengaku sudah menerima surat penunjukan Dicky Saromi sebagai Pj Wali Kota Cimahi. PNS Pemprov Jabar itu dipastikan bakal dilantik pada Minggu (22/10/2023).

"Saya sudah terima suratnya. Pak Dicky Saromi, Kepala DPMD (dilantik) di Gedung Sate. Hari Minggu akan dilantik Pj Wali Kota Cimahi. Kemungkinan siang atau sore, soalnya pagi ada acara Hari Santri di Tasikmalaya," kata Bey di Padalarang, Bandung Barat.

Dicky Saromi akan resmi menjadi Pj Wali Kota Cimahi hingga kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) rampung pada akhir November 2024.

Dia sebelumnya pernah ditunjuk sebagai Pj Bupati Cirebon pada 2019, saat ini masih menjabat sebagai Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com