Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BIJB Kertajati Jadi Pintu Masuk Jawa Barat

Kompas.com - 23/10/2023, 19:02 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Reni Susanti

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Operasional penuh Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka pada 29 Oktober 2023 menambah ragam pilihan moda transportasi masyarakat menuju provinsi ini.

Selain menggunakan darat, masyarakat diberikan pilihan melalui transportasi udara melalui BIJB Kertajati. Terlebih bandara terbesar kedua di Indonesia ini menyediakan rute ke tujuh kota besar di Tanah Air dan menuju Kuala Lumpur.

Tak menutup kemungkinan, ke depannya akan menambah rute luar negeri karena per tahun ini BIJB Kertajati melayani pemberangkatan umrah dan haji dari seluruh wilayah Jabar kecuali Bodebek.

Baca juga: Penerbangan Pindah ke BIJB Kertajati, Bandara Husein Tak Ditutup

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama, Yufridon Gandoz Situmeang mengatakan, BIJB Kertajati menjadi pilihan utama masyarakat Jabar dalam menggunakan transportasi udara.

Meski saat ini, hadirnya Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau Whoosh yang digadang-gadang akan terkoneksi dengan BRT Transjakarta dan bus shuttle lainnya menuju Bandara Halim Perdanakusumah maupun Bandara Soekarno Hatta.

Baca juga: Warga Bandung Diklaim Lebih Untung jika Terbang lewat Bandara Kertajati

"Masyarakat punya pilihan, waktu, biaya, dan jangkauan. Jadi kita tidak perlu ada khawatiran, ini adalah bagaimana negara dan pemerintah ini memberikan layanan terbaik," katanya saat ditemui kompas.com di Bandara Husein Sastranegara pada Minggu (22/10/2023).

"Silahkan memilih, tapi saya mengatakan kembali, kalau berangkat dari Kertajati, itu lebih banyak waktu yang dihemat. Selain harga, transportasi, waktu, dan sebagainya," tambahnya.

Dirinya semakin optimistis setelah mencoba Whoosh, untuk menuju Bandara Halim Perdanakusumah dan Bandara Soekarno Hatta masyarakat harus menggunakan moda transportasi lainnya.

Sedangkan, menuju BIJB Kertajati cukup satu kali menaiki bus DAMRI atau travel dari kota keberangkatan. Namun demikian, dia pun tidak memaksa masyarakat untuk mengikuti pilihannya.

"Artinya tetap bahwa peluang besar di Kertajati sangat memungkinkan. Jadi sekali lagi, tapi ini pilihan. Karena orang travelling kan tergantung waktunya. Tapi saya yakin dan optimis. Jawa Barat khususnya adalah bangga menggunakan Kertajati," ucap Yufridon.

Yufridon mengklaim, harga tiket penerbangan dari BIJB Kertajati lebih murah ketimbang Bandara Halim Perdanakusumah dan Soekarno Hatta. Keuntungan pun diterima oleh para maskapai yang akan mendapatkan insentif semisal keringanan biaya parkir pesawat.

"Masih dalam batas tarif bawah. Tapi artinya, jangan khawatir. Tapi sekali lagi saya mengajak bahwa kita semua ada sesuatu experience yang berangkat jadi itu yang belum terasa orang Bandung," katanya.

Dia menyebutkan, pihaknya saat ini gencar menyosialisasikan terkait perpindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke BIJB Kertajati.

"Kita lakukan (sosialisasi) semaksimal mungkin, seoptimal mungkin. Hari demi hari, waktu demi waktu. Ini adalah kebanggaan dari Jawa Barat khususnya dan Indonesia utamanya," ucap Yufridon.

Sementara itu, Direktur Utama PT BIJB Muhammad Singgih mengatakan, menyambut penumpang yang pergi dan datang di BIJB Kertajati setiap minggunya akan hadirkan beragam kesenian khas Ciayumakuning.

"Nanti kan kita udah kerja sama ya dengan dinas pariwisata, kita ada event-event yang sifatnya tradisional, sambutan dan sebagainya," ujarnya.

Menurutnya, hal ini merupakan bagian dari promosi sektor pariwisata Jabar. Dia pun menjamin, gelaran kesenian tradisional tersebut akan berkelanjutan.

"Supaya masyarakat begitu masuk ke Kertajati, oh ini wilayah Jawa Barat, ada budaya-budaya lokal yang bisa dinikmatin, termasuk juga sekalian sebagai promosi pariwisata itu," pungkasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com