Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Bandung Barat, Jalan Terputus, 19 Hektar Sawah Tertimbun

Kompas.com - 23/11/2023, 22:32 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Longsor di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) tidak hanya membuat jalan terputus, tapi 19 hektar sawah pun tertimbun.

Longsor tersebut terjadi Rabu (22/11/2023) usai hujan deras dengan waktu yang cukup lama.

Hingga Kamis (23/11/2023), sawah masih tertutup longsor sehingga terancam gagal panen. Sebab tanah dari tebing yang longsor sulit dievakuasi.

Kelala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Djarot Prasetyo mengatakan, sawah yang tertimbun longsor itu lokasinya berada di lima blok wilayah Desa Cicadas, Kecamatan Rongga.

Baca juga: 10 Rumah di Bandung Barat Diterjang Longsor, Penghuni Terpaksa Mengungsi

"Sawah yang tertimbun longsor itu yakni di Blok Citiis dua hektare, Cilawang 4 hektar, Cipeundeuy 10 hektar, Nyalindung 1 hektar, dan Cipiring 2 hektar," ujar Djarot dikutip dari Tribun Jabar, kamis (23/11/2023).

Terkait kejadian ini, BPBD KBB mendapat laporan dari pemerintah desa.

BPBD langsung mengecek ke lokasi untuk melakukan asesmen dan penanganan darurat serta memberikan bantuan bagi warga terdampak.

Baca juga: Masuk Musim Hujan, 9 Daerah di Sumsel Rawan Banjir dan Longsor

"Berdasarkan hasil pengecekan, longsor itu terjadi setelah turun hujan dengan intensitas tinggi pada hari Selasa pukul 22.00 WIB dan Rabu pukul 15.00 WIB," kata Djarot.

Selain menyebabkan sawah belasan hektar tertimbun, longsor itu berdampak pada jalan Desa Cicadas menuju Kampung Cipiring.

Jalan itu tidak bisa dilintasi kendaraan roda dua karena akses terputus.

"Adapun bantuan yang dibutuhkan saat ini yaitu perbaikan jalan desa agar dapat dilalui kembali oleh masyarakat supaya aktivitas mereka normal kembali," ucapnya.

Sebelumnya, Camat Rongga, Agus Rudianto mengatakan, bencana longsor menerjang ruas jalan dan menimbun sawah yang ada di wilayah Kampung Citiis, Ciliwang, Cipeundeuy, Nyalindung, dan Cipiring Desa Cicadas.

"Longsor itu terjadi di 9 titik hingga menyebabkan jalan desa rusak berat dan tidak bisa dilewati sepeda motor. Jadi untuk sementara, warga harus melewati jalan hutan," ujar Agus.

Ia mengatakan, hal yang sangat memprihatikan dari kejadian longsor tersebut yakni ada seorang warga yang sakit hingga harus ditandu saat akan dibawa ke rumah sakit.

"Tadi malam ada seorang warga asal Kampung Cipiring yang sakit, terus warga berbondong-bondong membawa yang sakit itu pakai tandu karena jalan itu tidak bisa dilewati kendaraan roda dua," beber dia.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Tak Hanya Jalan Terputus, Longsor di Rongga Bandung Barat Juga Sebabkan Sawah 19 Hektare Tertimbun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com