Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumedang Diguncang 2 Kali Gempa, Warga Kaget Keluar Rumah

Kompas.com - 31/12/2023, 16:31 WIB
Aam Aminullah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Warga di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dikagetkan dengan 2 kali guncangan gempa pada Minggu (31/12/2023) sekitar pukul 14.35 WIB.

Warga Sumedang Utara, Panji Mukhsinin mengaku merasakan dua kali gempa. 

"Iya lumayan terasa goncangannya, saya juga langsung keluar dari rumah. Yang paling terasa kencang gempa pertama memang," ujar Panji kepada Kompas.com melalui WhatsApp, Mingu sore.

Baca juga: Gempa M 6,3 Guncang Samudera Hindia Barat Aceh, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa juga dirasakan warga Kecamatan Rancakalong, Acep Sandi. Saat terjadi gempa, ia bersama keluarganya tengah bersantai di ruang tengah rumah.

"Lumayan terasa keras goncangannya, apalagi pas gempa pertama. Tapi alhamdulillah, tidak ada kerusakan di rumah saya setelah gempa itu," tutur Acep.

Baca juga: Gempa Pangandaran, Atap KUA dan Dinding Rumah di Tasikmalaya Ambruk

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang, Atang Sutarno mengatakan, belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa pasca-gempa.

"Betul, dua kali gempa. Pertama 4.1 (magnitudo), kedua 3.4, gempa berpusat di titik jalur Sumedang kota. Alhamdulillah, sementara ini aman," ujar Atang kepada Kompas.com melalui sambungan telepon.

Atang menuturkan, pasca-gempa, personel BPBD Sumedang telah bergerak ke lapangan untuk melakukan asesmen dan pemantauan lapangan.

"Untuk sementara ini aman, baik dari personel di lapangan maupun warga belum ada yang melaporkan adanya kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa. Insya Allah, Sumedang aman. Tolong juga kepada media untuk meng-counter informasi yang sudah ramai di media sosial pasca-gempa ini, sampaikan kepada masyarakat, Insya Allah Sumedang aman," kata Atang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com