Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulama Ciamis Deklarasi Garuda, Kawal Suara Anies-Muhaimin dari TPS hingga KPU

Kompas.com - 22/01/2024, 11:26 WIB
Candra Nugraha,
Reni Susanti

Tim Redaksi

CIAMIS, KOMPAS.com - Tokoh agama, ormas Islam, dan santri di Kabupaten Ciamis mendeklarasikan Gerakan Relawan Ustad Waspada (Garuda) di Pondok Pesantren Nurul Huda Utsmaniyah, Kecamatan Lumbung, Ciamis, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024) malam.

Dibentuknya gerakan ini untuk mengawal dan mengamankan suara pasangan capres nomor 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, mulai dari TPS hingga KPU.

"Kami sukarela, tanpa biaya dari pasangan calon maupun timses. Murni relawan untuk mengawal TPS dan mengamankan suara pasangan Amin," jelas Ketua Garuda Kabupaten Ciamis, KH Wawan Abdul Malik Marwan, melalui sambungan telepon, Senin (22/1/2023).

Baca juga: Kampanye Terbuka Dimulai Hari Ini, Anies-Imin Tidak Ada Jadwal di Jateng

Kiai Wawan menjelaskan, pihaknya sudah memiliki relawan di tiap TPS se-Kabupaten Ciamis. Relawan Garuda, siap mengamankan formulir C1 hasil perhitungan suara Anies-Muhaimin.

"Kami kawal suara agar tidak terjadi kecurangan-kecurangan (dalam penghitungan surat suara di TPS hingga KPU)," tegas Kiai Wawan.

Dia menambahkan, para relawan akan mengawal dan mengamankan C1 supaya suara pasangan Amin bisa terselamatkan dari tingkat TPS hingga KPU pusat.

Baca juga: Soal Rempang, Anies Nilai Pemerintah Kurang Sabar

Pengawalan dan pengamanan suara di TPS, sudah dilakukan waktu Pilkada DKI Jakarta. Saat itu, Anies mencalonkan diri sebagai Gunernur DKI.

"Kami dikirim ke Jakarta untuk jadi relawan pengawalan dan pengamanan TPS," jelasnya.

Deklarasi Garuda ini dibarengi dengan tabligh akbar memperingati Isra Mi'raj. Acara ini dihadiri pengurus Front Persaudaraan Islam dari Jakarta.

"Kami harap, gerakan ini diikuti di daerah lain," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com