Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Longsor Timbun 10 Rumah di Sukabumi, Warga Dengar Suara Aneh

Kompas.com - 24/01/2024, 10:53 WIB
Reni Susanti

Editor

SUKABUMI, KOMPAS.com - Sebanyak 10 rumah di Kampung Cibatu Hilir, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tertimbun longsor, Rabu (24/1/2024), sekitar pukul 06.30 WIB.

Kepala Desa Sekarwangi, Abeng Baenuri mengatakan, longsor tidak langsung terjadi.

Awalnya warga melihat kejadian mencurigakan di tebing yang posisinya berada di atas permukiman. Kemudian terdengar suara mencurigakan.

Baca juga: Longsor di Kabupaten Sukabumi Hancurkan Rumah dan Tutup Akses Jalan

"Saya pun ke lokasi dan ternyata betul udah ada beberapa rumpun bambu yang sudah agak miring, agak condong dan bunyi kretek-kretek, mungkin itu dari bambu yang patah," ujar Abeng dikutip dari Tribun Jabar, Rabu (24/1/2024).

Melihat itu, Abeng menginstruksikan warga untuk keluar rumah. Sebab ia melihat ada ancaman longsor.

Betul saja, longsor terjadi dan menimbun 10 rumah yang ada di bawah tebing. Saat ini, longsor masih terjadi. Untungnya tidak ada korban jiwa.

Baca juga: Hujan Dua Hari Tanpa Henti, Longsor Lumpuhkan Jalur SSB di Boyolali

"Saya mengintruksikan warga keluar rumah, untuk mengungsi, alhamdulillah semua keluar rumah," kata Abeng.

"Sehingga begitu kejadian tepat jam 06.30 terjadi longsor, longsor memang tidak sekaligus karena terhalang rumpun bambu."

Saat ini, longsor masih terjadi. Setelah longsoran menimbun 10 rumah, kini ada 4 rumah yang terancam, karena lokasinya berdekatan.

Abeng mengatakan, longsor susulan dikhawatirkan terjadi, karena pergerakan tanah longsor masih terus terjadi sampai saat ini.

"Saya khawatir ini akan terjadi longsor susulan karena tanah terus bergerak, sebagian (warga) dievakuasi ke rumah warga dan ke rumah saudaranya," ucap dia.

Saat ini, petugas dari BPBD dan beberapa intansi hadir. Evakuasi sendiri belum bisa dilakukan maksimal karena tanah masih terus bergerak.

"Makanya kita diamkan saja sampai sejauh mana pergerakan tanah longsor ini betul-betul diam," katanya.

Sebelum menimbun rumah, warga nampak berjibaku menyelamatkan diri dan barang-barang yang bisa diselamatkan dari bencana longsor itu.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul BREAKING NEWS 10 Rumah di Sukabumi Tertimbun Longsoran Tebing, Longsor Masih Terjadi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com