Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung di Rancaekek, Pj Gubernur Jabar Sebut 29 Orang Luka Ringan

Kompas.com - 21/02/2024, 22:42 WIB
M. Elgana Mubarokah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan 29 orang mengalami luka ringan akibat bencana puting beliung yang melanda Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang, Rabu (21/2/2024) sore tadi.

“Di klinik Kahatex tadi ada 19 pasien luka ringan. kemudian saya ke Rumah Sakit Kesejahteraan Keluarga 10 luka ringan, semua berobat jalan. Kadinkes jabar saat ini tengah mendata berapa jumlah pasien,” ujar Bey usai meninjau beberapa lokasi terdampak.

"Di rumah sakit kesejahteraan keluarga korban pegawai pabrik yang akan pulang tiba-tiba kakinya tertimpa tembok. ada yang luka di kepala tapi tidak ada luka serius,” tambah dia.

Baca juga: 10 Rumah Rusak dan 2 Warga Terluka di Sumedang akibat Terjangan Angin Puting Beliung

Bey memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun banyak rumah yang atapnya beterbangan. Listrik di sana pun mati. 

Bahkan, ambulans dan kendaraan kebencanaan sempat terkendala menuju lokasi karena penumpukan kendaraan di ruas Jalan Rancaekek.

Baca juga: Puting Beliung di Rancaekek, Pegawai Kahatex: Atap dan Ikan Beterbangan, Mesin Meledak

Selain itu, Bey berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait kemungkinan terjadi bencana susulan.

Puting beliung ini tidak bisa diprediksi, ini masih cuaca ekstrem. Masyarakat harus waspada walaupun tadi di lokasi warga menyampaikan cuaca panas sekali tiba-tiba hujan. Artinya kita harus tetap waspada, jangan sampai kita lengah,” pungkas Bey.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com