Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Potensi Perikanan di Jawa Barat...

Kompas.com - 01/03/2024, 05:53 WIB
Reni Susanti

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Jawa Barat memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Salah satunya dari kondisi geografis yang memungkinkan semua jenis ikan hidup.

Baik itu perikanan tangkap, perikanan budidaya, maupun perairan umum daratan (PUD).

Data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), secara total baik produksi perikanan tangkap, perikanan budidaya, dan perairan umum daratan (PUD) pada 2021 mencapai 1,5 juta ton.

Baca juga: Jadi Anggota Parpol, 3 Guru ASN Disdik Jabar Dipecat dengan Tak Hormat

Sedangkan 2023, tercatat hampir 1,6 juta ton hasil produksi ikan di Jawa Barat bisa terealisasi.

Berdasarkan jenis produksi ikan, produksi perikanan budidaya masih mendominasi dengan total produksi mencapai 1,2 juta ton, kemudian perikanan tangkap 264.000 ton, dan PUD 15.200 ton.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat (Jabar) mengungkapkan, investasi daerah ke depan akan berorientasi pada hilirisasi sumber daya alam dan meningkatkan komoditas domestik yang bernilai tambah. Salah satunya adalah sektor perikanan.

Baca juga: ITB Ungkap 3 Kemungkinan Penyebab Monyet Berkeliaran di Bandung: Tanda Bencana Alam

"Hal ini sesuai dengan kebijakan strategis yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, karenanya prioritas kami akan diarahkan hilirisasi SDA dan meningkatkan komoditas domestik bernilai tambah," kata Kepala DPMPTSP Jabar Nining Yulistiani dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (29/2/2024).

Dengan arah kebijakan tersebut, Nining mengatakan, Jabar akan terus mendorong pengembangan potensi-potensi investasi yang memiliki prospek baik.

Selain daerah utara yang memang sudah tercatat sebagai daerah dengan volume produksi perikanan tangkap maupun budidaya yang tinggi, Jawa Barat bagian selatan pun tak kalah mumpuni untuk urusan produksi ikan.

"Perikanan menjadi salah satu prospek untuk investasi Jabar ke depan," ungkap dia.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat juga menilai potensi perikanan di Jawa Barat bagian selatan mesti digaungkan. Pasalnya, selain pariwisata dan green economy, potensi perikanan juga tak kalah besar.

“Ini wilayah yang sangat potensial sekali bagi Jawa Barat, kita ketahui ada banyak potensi, ini bisa jadi prioritas utama (investasi) guna mengembangkan Jabar Selatan,” kata Deputi Kepala Perwakilan BI Jabar, Jefry D Putra.

Jefry menilai, integrasi orientasi pengembangan yang sejalan antara pemerintah pusat dan daerah akan membawa pengaruh positif terhadap laju pertumbuhan ekonomi Jawa Barat dan nasional.

Selain berpotensi untuk menjadi pusat produksi perikanan, Jawa Barat nyatanya sangat potensial untuk menyerap hasil produksinya. Pasalnya, Jabar menjadi provinsi dengan jumlah penduduk yang besar di Indonesia.

Dengan demikian, saat produksi domestik perikanan mampu diserap dengan baik oleh pasar domestik, maka diyakini akan memberikan nilai tambah pada perekonomian di Jawa Barat.

Berikut adalah beberapa jenis ikan yang sangat digemari oleh masyarakat Jawa Barat berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020, yakni Ikan Mas, Nila, Mujair, Udang/lobster, Lele, Teri, Kembung, Tongkol, dan Bandeng.

Ikan Mas, Nila, Mujair, Udang/lobster, Lele, Teri, Kembung, Tongkol dan Bandeng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com