Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Warga di Garut Ada Caleg Tutup Jalan Kampung Usai Gagal Terpilih

Kompas.com - 01/03/2024, 10:10 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Gagal jadi calon legislatif (caleg), kader Partai Gerindra di Garut, Jawa Barat (Jabar) bernama Wawan Setiawan nekat membangun tembok di jalan kampung yang ada di depan rumahnya di Kampung Ciarog, Desa Kersamanah. 

Menurut warga, jalan tersebut merupakan jalan tembusan ke desa sebelah. Warga pun mengaku terkejut karena penutupan itu dilakukan usai pemilu. 

"Ada yang menyebut karena gagal mencalonkan diri jadi ditutup, karena jalan itu ya memang tanah milik yang bersangkutan," ujar salah satu warga berinisial AJ, Rabu (28/2/2024), dilansir dari Tribunnews.com

Baca juga: Cuaca Buruk, Pendakian ke Gunung Cikuray dan Sagara di Garut Ditutup

Sementara itu, warga sudah mencoba meminta mediasi permasalahan tersebut kepada aparat keamanan. 

"Ya kami warga ingin tahu, apa sebabnya, kami sudah minta ke APH (aparat penegak hukum) untuk memediasi masalah ini," katanya. 

Baca juga: Caleg Gagal di Bandar Lampung Mengaku Beri Rp 760 Juta ke Oknum KPUD hingga Panwascam

Mediasi 

Komandan Koramil Cibatu Kapten Inf Udin menjelaskan, pihaknya telah menerima keluhan warga itu dan mencoba mengklarifikasi ke caleg yang bersangkutan. 

"Kita sudah telepon, untuk menciptakan kondisi aman dan tentram dan agar silaturahmi masyarakat tidak terganggu maka kita akan musyawarahkan nanti," ujarnya saat dihubungi.

Lalu setelah dilakukan mediasi, Wawan menjelaskan alasan dirinya menutup jalan di depan rumahnya itu, salah satunya adalah menarik perhatian warga dan terjalin kekompakan untuk membangun desa mereka. 

"Ya gagal, saya caleg tidak jadi, cuma kami rela seperti ini, malu lah udah pasti tapi kan demi kehidupan masyarakat bisa kompak saya gak apa-apa," ujarnya kepada Tribunjabar.id, Kamis (29/2/2024).

Wawan menambahkan, ia merasa prihatin dengan program pembangunan desa hanya dibebankan pada kegiatan gotong royong.

"Jadi kalo satu suara kita kan bisa bargaining dengan calon-calon yang jadi, kalau sekarang kan (masyarakat) di Ciarog berpencar," katanya. 

"Jadi harapan saya ya itu aja, bisa menyatukan masyarakat agar kompak," tambah Wawan yang sempat mencalonkan diri ke DPRD Garut itu. 

Usai kejadian itu, Wawan mengaku telah meminta warga untuk memanfaatkan jalan yang sempat ditutupnya itu. 

"Sekarang silakan dipergunakan itu jalan, semoga menjadi tabungan amal untuk saya dan keluarga," ungkapnya.

Penjelasan DPC Gerindra Garut

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPC Gerindra Garut Enan. Menurutnya, Wawan merupakan kader ber-KTA Partai Gerindra dan sempat bertarung di Pemilu 2024 Dapil 2 Kabupaten Garut.

Namun, menurut hasil dari perhitungan sementara saat ini caleg tersebut gagal meraih suara terbanyak di dapilnya.

"Beliau nyaleg di Gerindra, hanya belum dipercaya atau diberi kesempatan untuk meraih suara terbanyak di Dapilnya," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Viral Caleg Gagal di Garut Tutup Jalan di Depan Rumahnya, DPC Gerindra: Mengaku Tanah Milik Keluarga

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com