Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wilayah yang Merasakan Gempa Magnitudo 4,9 di Sukabumi Sore Ini

Kompas.com - 02/03/2024, 18:39 WIB
Sari Hardiyanto

Editor

KOMPAS.com - Gempa magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya, Sabtu (2/3/2024) pukul 17.48 WIB.

Episenter terletak pada koordinat 7.55 LS dan 106.68 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 64 km Tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 28 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono menegaskan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut.

"Hingga pukul 18.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," ujarnya seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa di Gedung Tinggi, Apa Saja?


Wiayah yang merasakan gempa di Sukabumi

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah:

  • Pelabuhan Ratu, Simpenan, Surade, Bayah, Panggarangan, dan Cikotok dengan skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).
  • Di Kota Sukabumi, Kalapanunggal dan Cireunghas dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)
  • Di Cianjur, Pangalengan, Tasikmalaya, Soreang dan Kota Bandung dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," pungkasnya.

Baca juga: Berkaca dari Gempa di Rangkasbitung dan Jepara, Mengapa Indonesia Kerap Dilanda Gempa Bumi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com