Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Evakuasi 4 Warga Cianjur yang Tewas di Sumur Usai Hirup Gas Beracun

Kompas.com - 07/03/2024, 07:45 WIB
Maya Citra Rosa

Editor

KOMPAS.com - Proses evakuasi empat warga yang tewas terjebak di dalam sumur di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menuai drama, Rabu (6/3/2024).

Empat warga tersebut tewas usai menghirup gas beracun yang berasal dari sumur di Kampung Panahegan, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ketua PMI Cianjur Ahmad Fikri mengatakan, upaya pencarian dan pertolongan para korban membutuhkan waktu sekitar enam jam, karena sempat mengalami kendala selama prosesnya.

Baca juga: 4 Warga Cianjur Tewas Terjebak di Sumur, Diduga Hirup Gas Beracun

"Petugas bahkan sampai harus menggunakan alat pengisiO2 selama upaya pencarian ini," kata Fikri kepada Kompas.com, Rabu (6/3/2024) malam.

Disebutkan, salah seorang personel bahkan harus ditarik lagi ke atas karena mengalami sesak napas saat hendak menjangkau kedalaman delapan meter.

"Termasuk diameter sumurnya juga jadi kendala, sehingga kita sampai harus melakukan pelebaran di bibir sumur, dan semakin ke dalam diameternya semakin menyempit " ujar dia.

"Personel yang turun juga dibekali oksigen bantuan seperti untuk alat menyelam," kata Fikri.

Sejauh ini, petugas belum bisa memastikan jenis gas apa yang telah merenggut empat korban jiwa tersebut.

"Kemungkinan sangat tinggi kandungannya (racun) ya, karena memang kedalaman sumur ini juga cukup dalam, sekitar 15 meter," imbuh dia.

Menurut Ketua RW 02 Desa Gasol, Deni Hamdani, kejadian tersebut berawal ketika pemilik sumur, Hada (38), hendak membenarkan mesin air yang berada di depan rumahnya.

"Saat itu Hada di atas sumur, namun ketika berusaha membetulkan mesin air, ia diduga menghirup gas beracun dan membuatnya lemas sehingga terjatuh ke dalam sumur," ungkap Deni dikutip dari Tribunnews, Rabu (6/3/2024).

Baca juga: Berakhir, Drama Pencarian 4 Warga Cianjur yang Tewas di Dasar Sumur

Saat itu, warga lainnya bernama Jajang sempat melihat Hada dan hendak menolongnya. Namun Jajang ikut terjebak ke dalam sumur dengan kedalaman 8 meter tersebut.

"Jajang pun sempat berusaha meminta pertolongan kemudian datang Didin (40). Saat hendak menolong pun Didin malah terjebak, lalu hal serupa pun terjadi menimpa Wahab yang akan menolong Didin," ujar Deni.

Deni mengatakan, 4 orang yang terjebak di dalam sumur diketahui oleh seorang warga yang tengah berada di sawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com