Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan Ada Pabrik Motor Listrik di Karawang, Dinas Setempat Belum Tahu

Kompas.com - 13/03/2024, 13:22 WIB
Farida Farhan,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karawang belum mengetahui akan ada pabrik motor listrik yang dibangun di Karawang, Jawa Barat.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalui Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves, Septian Hario Seto mengatakan, pabrik motor listrik rencananya akan dibangun di Karawang.

Baca juga: AHM Siapkan Kurikulum Pelatihan Berkendara Motor Listrik

"Kami belum mengetahui jika akan ada pembangunan pabrik motor listrik di Karawang," kata Kepala DPMPTSP Karawang Wawan Setiawan di Kantor DPMPTSP Karawang, Rabu (13/3/2023).

Wawan mengatakan, biasanya jika pemodal dari luar negeri yang akan berinvestasi, proses perizinan menjadi wewenang Pemerintah Pusat.

"PMA (penanaman modal asing) ini di pusat terlebih dahulu. Baru nanti kalau urusan seperti PBG (persetujuan bangunan gedung) itu biasanya izin di daerah," ujar Wawan.

Wawan pun mengaku tidak mengetahui rencana pembangunan pabrik motor listrik di Karawang, termasuk berapa jumlah investasinya.

Baca juga: ESDM Sebut Motor Listrik Mampu Tekan Emisi 40 Persen

"Tetapi kami di daerah sangat mendukung dengan adanya investasi itu," ujar Wawan.

Di Karawang telah ada sejumlah perusahaan yang memproduksi mobil listrik dan baterai mobil listrik. Salah satunya PT Hyunday LG Industry (HLI) Green Power.

Presiden Joko Widodo bahkan menyebut pabrik ini akan mulai memproduksi 30 juta baterai sel untuk memproduksi kurang lebih 180.000 mobil mulai tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com