Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Jabar Targetkan Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Selesai 16 Maret

Kompas.com - 14/03/2024, 13:59 WIB
Faqih Rohman Syafei,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menargetkan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 rampung pada 16 Maret 2024.

Rapat pleno tersebut sebenarnya telah diagendakan berlangsung pada 6-10 Maret 2024.

Namun karena Kabupaten dan Kota Bekasi belum menyelesaikan penghitungan terpaksa diskorsing.

"Target tanggal 16 Maret kalau Kabupaten dan Kota Bekasi sudah menyerahkan hasil pleno tanggal 15," ujar Ketua Divisi Teknis, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, Adi Saputro saat dihubungi, Kamis (14/3/2024).

Baca juga: Saksi Anies dan Ganjar di Banten Tolak Tandatangani Hasil Pleno Pilpres 2024

Adi menerangkan, rapat pleno terbuka di KPU Jabar direncanakan akan kembali digelar pada Jumat (15/3/2024). Mengingat, KPU Kota Bekasi sudah menyerahkan hasil pleno penghitungan suara.

Sedangkan, untuk KPU Kabupaten Bekasi rencananya akan menyerahkan hasil pleno pada besok malam. Sehingga pada Sabtu (16/3/2024) bisa dibahas di tingkat provinsi.

"Kemarin mereka (KPU Kabupaten Bekasi) berikan surat pemberitahuan ke kami sudah selesai tanggal 15 Maret. Mudah-mudahan sesuai dengan yang diinfokan ke kami," ucap Adi.

Adi menerangkan, alasan kenapa rapat pleno perhitungan suara di Kabupaten Bekasi sampai 'molor' beberapa hari karena jumlah TPS banyak.

Bahkan, bisa dikatakan jumlah TPS di Kabupaten Bekasi menjadi yang terbanyak di Indonesia. Contohnya saja, di Kecamatan Tambun Selatan jumlahnya TPS mencapai 1.222.

"Kendalanya jumlah TPS-nya terbanyak di Jabar atau Indonesia. Sehingga rapat pleno tingkat kecamatannya makan waktu," tambah Adi.

Baca juga: Rapat Pleno Rekapitulasi Suara di KPU Jabar Terkendala Bekasi, Ada Saksi Protes

Meski demikian, Adi menyebut, bila seluruhnya sesuai dengan target maka hal tesebut tidak akan mengganggu perhitungan suara di tingkat nasional.

"Optimistis sebelum tanggal 20 beres, target tanggal 16 selesai. Kalau seusai tidak akan ganggu nasional," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com