Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Rumah Warga Rusak akibat Ledakan Gudang Amunisi Milik TNI

Kompas.com - 31/03/2024, 15:29 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

 

BOGOR, KOMPAS.com - Kebakaran dan ledakan di Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) milik TNI AD, Kodam Jaya, di Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, membuat sejumlah rumah warga rusak.

"Rata-rata kerusakan itu tembok retak, plafon pada jatuh dan kaca pecah. Itu diakibatkan getaran dari kejadian semalam (ledakan gudang amunisi)," ujar salah satu pengungsi bernama Mukti Irawan (36) saat ditemui Kompas.com di tempat pengungsian di rumah kades, Minggu (31/3/2024).

Kerusakan terjadi imbas getaran akibat ledakan dari gudang amunisi yang jaraknya hanya 100 meter di Kampung Parung Pinang, Ciangsana.

Baca juga: 200 Warga Mengungsi akibat Kebakaran dan Ledakan Gudang Amunisi TNI

Getaran sangat terasa sehingga membuat warga pun langsung melarikan diri tanpa memikirkan barang berharganya.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa maupun luka. Setelah kejadian, banyak warga kami menemukan serpihan ledakan," ucap pria yang juga sebagai kepala dusun di kampung tersebut.

Hal yang sama diungkapkan Marlina (32). Ia dan suami beserta dua anaknya harus mengungsi ke rumah kades.

"Yang ngungsi semua keluarga saya, ada ibu, ada adik, ada anak dua umur 13 tahun sama 19 bulan," ujar perempuan berambut hitam kuncir itu saat ditemui Kompas.com

Marlina lalu menceritakan detik-detik ledakan gudang amunisi tersebut. Semua bermula saat 10 menit buka puasa tiba-tiba terdengar ledakan besar.

Ia dan keluarganya mengira suara itu adalah petir yang menyambar rumahnya. 

Ledakan pertama kecil dan setelahnya lumayan besar. Para warga dan pegawai di sekitar teriak menyuruh semua warga keluar rumah.

"Nah, yang kedua itu sampai warga harus cepet-cepet kabur keluar rumah. Nggak tahunya ada lagi ledakan. Pokoknya semua warga pada lari menjauh dari lokasi. Warga udah keluar rumah ada ledakan lagi kencang langsung evakuasi keluar kampung, itu abis maghrib," ungkapnya.

"Lagi di rumah, lagi buka puasa, belum makan apa-apa langsung kabur aja," imbuhnya.

Dia menyampaikan bahwa rata-rata posisi rumah warga Kampung Parung Pinang, Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, dekat dengan gudang amunisi.

Bahkan, posisi bangunan rumahnya hanya terhalang oleh arkon atau tembok pembatas.

"Soalnya posisi kampung kita kan di atas. Nah, gudang ini di bawah. Nah, cuma kita ketutup tembok penghalang aja," bebernya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com