Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bak Toilet Raksasa, Situ Ciburuy Tampung Limbah dari Berbagai Industri

Kompas.com - 18/07/2022, 13:12 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com- Air hitam pekat dengan bau menyengat di Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat merupakan akumulasi dari ulah nakal para pelaku industri.

Bak toilet raksasa, Situ Cibiruy yang kini berubah warna dan berbau busuk itu tercemar oleh limbah-limbah baik perusahaan rumahan maupun pabrik nakal yang enggan mengolah limbah.

Pencemaran di Situ Ciburuy ini tidak bisa dipandang menggunakan kaca mata kuda, sebab limbah yang masuk ke danau tersebut merupakan limbah dari aktivitas masyarakat baik industri skala kecil, limbah rumah tangga dan limbah pabrikan.

Baca juga: Limbah Batu Bara Diduga Ikut Cemari Situ Ciburuy hingga Berwarna Hitam

Limbah pencucian karung bekas

Hasil pemeriksaan sementara, bau menyengat yang meresahkan warga berasal dari aktivitas perusahaan karung bekas.

Perusahaan tersebut mencuci karung bekas kemasan tepung terigu sehingga menimbulkan bau busuk.

Pabrik pencucian karung bekas tepung terigu di sekitar Situ Ciburuy diduga jadi sebab pencemaran.KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Pabrik pencucian karung bekas tepung terigu di sekitar Situ Ciburuy diduga jadi sebab pencemaran.

Limbah sisa pencucian karung itu langsung dibuang melalui parit yang mengalir dan bermuara di perairan Situ Ciburuy tanpa proses pengolahan limbah terlebih dahulu.

"Untuk kegiatan mencuci karung bekas, menurut mereka ini bekas tepung terigu, tapi air dari proses pencucian itu tidak dikelola lebih dulu sehingga langsung dibuang ke saluran air yang masuk ke Situ Ciburuy," kata Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup (PPLH) DLH Jabar, Risda Susanti.

Baca juga: Air Situ Ciburuy Hitam Pekat dan Menyengat, Warga: Air Sumur Jadi Bau, Dipakai Mandi Bikin Badan Gatal

Limbah batu bara

Masyarakat di sekitar situ didapati melakukan aktivitas industri berskala kecil dengan menggunakan limbah sisa pembakaran batu bara untuk didaur ulang menjadi bahan baku material batako.

Sementara limbah yang masuk kategori B3 ini tergerus aliran air melalui parit dan bermuara di perairan Situ Ciburuy sehingga diduga air di Situ Ciburuy berubah warna menjadi hitam pekat dan menyebabkan ikan-ikan di danau tersebut mati.

"Kita menemukan fakta adanya aktivitas pembuatan bata yang bahan bakunya fly ash bottom ash, ini limbah industri kategori B3 berbahaya tapi bukan dari PLTU," ujar Risda.

Limbah sisa pembakaran batu bara yang digunakan warga sekitar Situ Ciburuy untuk bahan baku pembuatan batako.KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Limbah sisa pembakaran batu bara yang digunakan warga sekitar Situ Ciburuy untuk bahan baku pembuatan batako.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com