Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Ekstrem, Pemkab Bogor Imbau Wisatawan Tak "Camping" dan "Hiking" Saat Musim Hujan

Kompas.com - 14/10/2022, 07:48 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan ketika berwisata di wilayah Kabupaten Bogor.

Imbauan itu dilakukan seiring curah hujan tinggi yang menyebabkan berbagai bencana hingga memakan korban jiwa.

"Khususnya di daerah wisata, kami mengimbau wisatawan agar jangan dulu melakukan kegiatan di luar ruang seperti camping dan hiking. Apalagi akhir tahun ini cuaca ekstrem dan kemungkinan akan hujan terus setiap harinya," ucap Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan dalam keterangan tertulis, Jumat (14/10/2022).

Baca juga: Hujan Deras, 4 Vila Dan 1 Madrasah di Bogor Tertimpa Tebing Longsor 20 Meter

Iwan mengatakan, pihak-pihak terkait perlu mengedukasi warga, pengelola obyek wisata, dan wisatawan terkait potensi bencana di musim hujan.

Masyarakat dan wisatawan harus waspada saat berada di lokasi wisata seperti pegunungan dan curug.

Iwan meminta warga luar Bogor untuk menjadi wisatawan yang bertanggung jawab dengan mengedepankan keselamatan diri. Sebab, hal itu bisa mencegah korban bencana di tempat-tempat wisata.

Dia pun menyarankan wisatawan untuk terlebih dulu mengecek kondisi cuaca tempat yang dituju. Jika dirasa hujan lebat, sebaiknya segera pergi meninggalkan lokasi wisata. 

"Kita juga harus mengedukasi warga, jangan sampai setelah kejadian baru bergerak. Makanya, kami bersama TNI-Polri dan unsur lainnya mengimbau masyarakat, baik itu warga Kabupaten Bogor maupun wisatawan lebih berhati-hati, terlebih di daerah wisata air, jangan dulu melakukan kegiatan luar ruang di tempat berbahaya. Hati-hati di tempat rawan," ujarnya.

Baca juga: Puncak Bogor Diguyur Hujan, Pencarian Satu Pelajar SMP-IT Al Hikmah Depok, Dihentikan Sementara

Hingga kini, tambah Iwan, BPBD Kabupaten Bogor, TNI-Polri, dan instansi terkait masih terus memonitor titik-titik rawan bencana.

Menurut Iwan, jika hujan lebat terjadi maka harus waspada, khususnya di daerah wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com