Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jam Pencarian, Ayah dan Anak Korban Bencana Longsor di Sukabumi Berhasil Dievakuasi

Kompas.com - 23/10/2022, 15:16 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Upaya evakuasi korban longsor, Muhamad Rafka Fauzi (19), warga Kampung Cibunar II Lepa, RT 19/RW 05, Desa/Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (23/10/2022), berlangsung dramatis.

Tim penyelamat gabungan membutuhkan waktu sekitar tujuh jam untuk mengevakuasi korban yang tertimpa material tembok fondasi dengan tinggi kurang lebih 7 meter, lebar lebar 4 meter, dan panjang 7 meter.

"Kesulitannya kondisi korban akibat terimpit oleh tembok penahan tanah (TPT) dan bebatuan sehingga tim menghacurkan bebatuan dan tembok dari beton," kata Medi Abdul Hakim, Sub Koordinator Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, dilansir dari TribunJabar.com, Minggu.

Baca juga: Longsor Timbun Ayah dan Anak di Sukabumi, 1 Tewas dan 1 Patah Kaki

Kondisi meninggal

Korban akhirnya berhasil dievakuasi pada pukul 07.00 Wib. Namun, Kapolsek Kadudampit Ipda Awan Kurniawan menjelaskan, korban kondisinya sudah meninggal.

Korban pun langsung dievakusi ke RSUD Sekarwangi untuk pengecekan medis.

"Korban ditemukan kondisinya sudah meninggal dunia dan langsung dievakusi ke rumah sakit. Saat ini korban sudah disalatkan dan langsung akan dikuburkan," ujar Awan.

Baca juga: Tak Ada Kasus Gagal Ginjal Misterius di Sukabumi, Nakes Dilarang Beri Parasetamol Sirup


Sang ayah selamat

Bencana longsor itu terjadi pada pada pukul 00.30 WIB. Longsor terjadi usai daerah itu diguyur hujan deras.

"Longsornya menimpa rumah rumah warga yang sedang tidur sehingga dua orang penghuni rumah jadi korban tertimbun longsor," ujarnya.

Saat longsor, ada suara yang meminta tolong kepada warga karena sebelumnya warga mendengar adanya suara gemuruh.

"Setelah dipastikan ternyata Yayan (48) dan Muhamad Rafka Fauzi (19) tertimbun longsor. Mereka bapak dan anak," ucapnya.

Sementara sang ayah berhasil dievakuasi pada pukul 01.00 WIB. Kondisinya selamat,namun mengalami luka patah pulang.

Proses evakuasi kedua korban melibatkan personel BPBD Kabupaten Sukabumi, Polsek Kadudampit, Koramil Cisaat, PMI Kabupaten Sukabumi, Sehati Gerak Bersama, Pemerintah Desa Kadudampit, dan masyarakat setempat.

(Penulis : Kontributor Sukabumi, Budiyanto | Editor : Dita Angga Rusiana) 

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul: Korban Kedua Longsor Tengah Malam di Kadudampit Sukabumi Ditemukan Setelah 7 Jam Pencarian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com