Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Gedung Creative Center Senilai Rp 13,6 Miliar Mangkrak, Pj Wali Kota Tasikmalaya: Beres Tahun Ini

Kompas.com - 18/11/2022, 16:12 WIB
Irwan Nugraha,
Reni Susanti

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, mengunjungi lokasi proyek Gedung Creative Center (GCC) di Komplek Olahraga Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (18/11/2022), dengan berjalan kaki. 

Dirinya langsung memasuki areal proyek yang sempat mangkrak sejak tahun 2020 akibat Pandemi Covid-19 dan saat ini sedang dilanjutkan pembangunannya.

Cheka langsung didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Tasikmalaya dan mendapatkan keterangan dijanjikan pembangunannya akan selesai akhir tahun 2022.

Baca juga: Komplotan Pencuri Spesialis Pikap di Tasikmalaya Ditangkap, Congkel Jendela Pakai Obeng

"Di sini akan dibangun gedung kreatif, saya berharap menjadi magnet pemuda, seniman, dan budayawan Tasikmalaya untuk berkreasi. Mudah-mudahan tidak hanya dari sini saja, juga menarik wilayah sekitar juga. Turis lokal nanti juga diarahkan ke sini," jelas Cheka kepada wartawan di lokasi proyek, Jumat siang.

Cheka pun memastikan, alasan sempat mangkraknya pembangunan gedung ini merupakan kewenangan Dinas PUPR.

Soalnya, dirinya baru mengetahui ada proyek mangkrak usai beberapa hari dilantik menjadi Pj Wali Kota Tasikmalaya.

Baca juga: Mayat Bayi Mengambang di Sungai Irigasi Tasikmalaya, Kondisi Sudah Bengkak

"Nah, kalau memastikan itu, itu mungkin bisa ditanyakan ke Kadis PUPR (Kota Tasikmalaya) teknisnya. Itu ada di sini, silahkan tanya beliau akan menjelaskan," tambah Cheka.

Sementara itu, Kepala Dinas PUTR Kota Tasikmalaya, Dudi Mulyadi mengaku sangat optimistis lanjutan pembangunan GCC tuntas akhir tahun ini.

Terkait seolah-olah progres lambat, Dudi beralasan karena menunggu bahan pabrikasi.

"Insya Allah tuntas. Kita tinggal pasang doang, yang lama kemarin itu pesanan pabrikasi. Walaupun barang pabrikasi sudah datang dan belum dipasang kan tidak bisa dianggap progres," kata Dudi sembari tak merinci presentase progres.

Dudi pun membeberkan penyelesaian pekerjaan sesuai kontrak dengan total anggaran Rp 13,6 Miliar dari Pemprov Jabar ini berakhir pada 25 Desember 2022 mendatang.

Dirinya pun beralasan kalau proyek sebelumnya yang mangkrak bukan masa saat dirinya menjabt kepala dinas.

"Bukan, bukan zaman saya dulu (saat proyek mangkrak). Saya yang ini saja lanjutan, dijamin beres, beres tahun ini. Gampang ini mah," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com