Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Tasikmalaya Jamin Rumah Ambruk Korban Gempa Garut Bisa Dihuni Kembali

Kompas.com - 06/12/2022, 18:49 WIB
Irwan Nugraha,
Reni Susanti

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya menggandeng bank bjb membantu pembangunan rumah seorang lanjut usia (lansia) korban gempa Magnitudo 6,1 Garut, Senin (5/12/2022).

Selama ini rumah yang ambruk ditempati seorang diri oleh Isah (78) di Kampung Gunung Karikil, Kelurahan Tuguraja, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Mulanya kemarin baca berita di media online dan tak lama kemudian berkoordinasi dengan Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Pak Cheka Virgowansyah untuk segera membantu," ujar Kepala Cabang bank bjb Tasikmalaya, Anet Yulisthian, kepada wartawan di rumah korban gempa, Selasa (6/12/2022).

Baca juga: UPDATE Gempa Garut, Senin 5 Desember: Tak Ada Korban Jiwa, 135 Rumah Terdampak Ringan

Anet menambahkan, bersama Pemkot Tasikmalaya pihaknya akan memperbaiki kembali rumah korban sampai selesai dan cepat bisa ditinggali kembali.

Apalagi selama ini, korban yang sudah lansia terpaksa mengungsi di rumah ketua RT. Ia pun berterima kasih kepada warga yang bahu membahu memperbaiki rumah  korban. 

Kepala Bagian Pemerintahan Pemkota Tasikmalaya, Wawan Gunawan berharap, bantuan tanggap darurat yang langsung diterima oleh warga ini akan dilakukan secara berkala.

Baca juga: Gempa Garut, 3 Desa di Talegong Terkena Longsor, Warga Diimbau Waspada

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, langsung mengecek satu rumah milik warga lanjut usia (lansia) yang ambruk akibat gempa Magnitudo 6,4 Garut di Kampung Gunung Karikil Kelurahan Tuguraja Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Sabtu (3/12/2022) petang.

Gempa sore hari tadi pun sempar membuat panik warga Tasikmalaya karena getarannya sangat terasa dan membuat beberapa pengunjung mal keluar gedung.

Getaran gempa yang terjadi titik pusatnya di daratan Kabupaten Garut sekitar pukul 16.49 WIB dan terasa di wilayah Kota Tasikmalaya mulai menimbulkan kerusakan sebuah rumah.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, sebuah rumah di Kampung Gunung Karikil, Kelurahan Tuguraja, Kecamatan Cihideung, rusak terdampak getaran gempa Garut.

Plafon rumah milik seorang lansia bernama Isah (78) tersebut ambruk. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com