Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Kaca KA Taksaka Pecah Dilempar Batu, Penumpang Kena Serpihan Kaca

Kompas.com - 05/01/2023, 19:27 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Reni Susanti

Tim Redaksi

 

CIREBON, KOMPAS.com - Kereta api (KA) Taksaka relasi Gambir-Yogyakarta menjadi korban pelemparan batu oleh orang tak bertanggung jawab. Kaca di gerbong eksekutif pecah hingga bolong.

Satu penumpang yang duduk di kursi 4D menjadi korban terkena serpihan kaca, dan langsung ditolong oleh petugas kereta api.

Kejadian pelemparan batu itu viral di media sosial. Akun @yuda.kurniawan_ merekam video kejadian itu dan menguploadnya di akun tik-tok pada Rabu (4/1/2023).

Baca juga: Nyaris Tembus 4 Juta, Jumlah Kunjungan Wisatawan Kota Cirebon 2022 Naik 100 Persen

Dalam video itu, kaca jendela kereta api pecah hingga bolong. Yuda juga merekam pecahan kaca yang mengenai penumpang tersebut. Sebagian pecahan kaca juga berserakan di sekitar kursi dan lantai kereta api.

"Naik KA Taksaka Jurusan Gambir-Jogja. Enak enak tidur, tiba-tiba kaca jendela tepat di belakang kursi ku dilempar batu oleh orang iseng. Kejadian siang ini (4/1/2023) jam 12.00 gerbong 9, kursi 4D di daerah setelah Stasiun Cirebon," kata Yuda dalam video yang diunggahnya.

Menanggapi hal ini, Manager Humas PT KAI Daop III Cirebon, Ayep Hanapi, menyampaikan permohonan maaf kepada Agustian, penumpang yang terkena pecahan pelemparan kaca.

Baca juga: Duduk Perkara Kasus Pemerkosaan Siswi SMA di Lahat hingga 2 Pelaku Divonis 10 Bulan Penjara

 

Petugas juga langsung menolong dan mengevakuasi, serta menangani kejadian tersebut.

"PT KAI Daop III Cirebon menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada pelanggan KA Taksana atas nama Agustian yang terkena serpihan kaca akibat pelemparan batu di antara Sindanglaut-Ciledug," kata Ayep kepada Kompas.com saat dihubungi melalui sambungan telpon, Kamis (5/1/2022).

Ayep menyampaikan, pelemparan batu itu terjadi di antara Sindang Laut-Ciledug pada Rabu (4/1/2023) sekitar pukul 12.00 WIB.

Batu itu mengenai kaca jendela hingga pecah dan mengenai penumpang. Petugas langsung melakukan penanganan di lokasi.

Ayep menegaskan, pihaknya sudah menghubungi pihak terkait untuk melakukan pemeriksaan mendalam kasus pelemparan. Ayep pastikan, akan memproses hukum kepada siapa pun yang melakukan pelemparan batu.

"Kami langsung bertindak. Kami akan proses hukum bagi siapa saja yang kedapatan melakukan pelemparan terhadap kereta api. Hukuman pidana atas aksi pelemparan telah diatur dalam KUHP dengan ancama 15 hingga 20 tahun penjara," tegas Ayep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com