Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Dramatisnya Evakuasi Ratusan Korban yang Terjebak Banjir di Cirebon

Kompas.com - 31/03/2023, 14:58 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Reni Susanti

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com – Evakuasi banjir yang melanda beberapa desa di 6 kecamatan di Kabupaten Cirebon berlangsung dramatis.

Proses evakuasi itu terekam warga Desa Banjarwangunan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, hingga videonya viral.

Bahkan video itu berulang kali ke grup kebencanaan dan informasi di Kota dan Kabupaten Cirebon.  

Baca juga: KKB Tembak Warga Sipil dan TNI di Puncak, Praka Jumardi Gugur Saat Evakuasi Korban, Kapendam: Tim Diadang lalu Ditembak

Dalam video tersebut, sejumlah warga setempat berusaha mengevakuasi ibu-ibu yang berusia lanjut menggunakan tangga.

Mereka bahu membahu menaikkan ibu ke atas tangga, lalu menggotongnya dari rumah hingga ke Masjid Al-Ikhlas. Mereka menembus banjir dengan ketinggian sekitar 150 centimeter. 

Setelah tiba di masjid, sebagian pengungsi yang juga merupakan korban banjir menyambutnya. Mereka menolong menurunkan ibu lanjut usia itu ke bawah, lalu dibawa ke dalam masjid. 

Baca juga: Banjir Rendam Ribuan Rumah di Kota dan Kabupaten Cirebon

Tak hanya satu, aktivitas ini dilakukan warga setempat berulang kali. Warga bahu membahu, bergantian untuk mengevakuasi warga secara manual, sambil menunggu pertolongan dari Tim BPBD, Basarnas Cirebon, TNI, dan Polri, yang membawa perahu karet.

Erfan Septiawan (29), salah satu pengurus perumahan Puri Indah Banjarwangunan, Kecamatan Mundu mengaku panik saat melihat kondisi banjir yang tiba-tiba tinggi dengan waktu yang begitu cepat. Di saat bersamaan, dia mendengar banyak warga yang meminta pertolongan. 

“Tiba-tiba hanya beberapa menit, air itu langsung naik dengan cepat. Saya inisiatif dan sampaikan ke warga, ayo bergerak, kalau tidak banyak warga yang terjebak,” kata Erfan saat dihubungi Kompas.com Jumat (31/3/2023).

Sebab, Erfan mendapatkan informasi bahwa salah satu tanggul dari dua Sungai Cilunyu dan Cikalong, jebol. Erfan langsung mengajak warga lainnya untuk evakuasi ibu-ibu lanjut usia dengan alat seadanya. 

Kerja Sama Warga dengan Pemerintah Penting

Meski semangat, ia dan warga sempat kebingungan, karena tidak ada tandu. Namun, setelah melihat tangga, dia menjadikan tangga berukuran 10 meter dijadikan tandu untuk mengangkut para warga yang butuh evakuasi. 

“Kalau tidak begitu, bisa banyak warga yang terjebak, pasalnya banjir datang dengan cepat, sementara pertolongan perahu karet agak lama, mungkin karena tim membantu warga lain dan juga akses ke lokasi kami tertutup banjir,” tambah Erfan. 

Yang membuatnya bangga, kerja sama warga sekitar sangat kompak. Pihak RT, RW, Kepala Desa, hingga Camat Mundu, sudah siaga sejak banjir belum datang, sehingga saat banjir datang seketika, semua dapat bergerak cepat. 

Camat dan pemerintah desa, sambung Erfan, bertugas membujuk warga agar mau dievakuasi. Sedangkan dia dan masyarakat bergerak mengevakuasi warga menggunakan tangga.

Karena ada saja warga yang seharusnya segera dievakuasi, dengan berbagai alasan tidak mau meninggalkan rumah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com