Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Penghubung Bandung Barat-Subang Tertimbun Longsor, Alat Berat Diterjunkan

Kompas.com - 08/05/2023, 14:46 WIB
Bagus Puji Panuntun,
Reni Susanti

Tim Redaksi


BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Jalan raya alternatif penghubung Kabupaten Bandung Barat (KBB)-Kabupaten Subang tepatnya di Kampung Puncak Eurad, Desa Wangunharja, Kecamatan Lembang, KBB, Jawa Barat terputus usai tertimbun longsor pada Minggu (7/5/2023).

Akibatnya, arus lalu lintas di jalan tersebut terhenti sebelum akhirnya petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat bersama masyarakat sekitar bergotong-royong melakukan evakuasi material longsor untuk membuka akses jalan.

"Peristiwa longsor itu terjadi kemarin sekitar 15.30 WIB setelah hujan dengan intensitas tinggi sejak siang hari mengguyur wilayah tersebut," ungkap Petugas Lapangan BPBD Bandung Barat, Rudi Wibiksana usai melakukan asesmen di lokasi kejadian, Senin (8/5/2023).

Baca juga: Rumah Terbakar Saat Tertidur Pulas, Satu Keluarga di Bandung Barat Lolos dari Maut

Dari hasil asesmen, terdapat 6 titik longsor sepanjang jalur perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang. Selain faktor hujan deras, longsor ini juga dipicu kontur tanah yang labil di tebing sepanjang jalan.

"Semuanya ada 6 titik longsor di sepanjang jalan. Peristiwa longsor ini diakibatkan oleh hujan dengan intensitas tinggi dan kemiringan tebing kurang lebih 90 derajat," sebut Rudi.

Baca juga: Tertimbun Longsor, Jalan di Bandung Barat Tertutup Batu Besar

Material longsor yang didominasi tanah itu menimbun badan jalan sehingga petugas perlu menerjunkan alat berat untuk melakukan evakuasi.

"Kami membuka akses jalan yang tertimbun longsor dengan cara manual kerja bakti bersama masyarakat Desa Wangunharja dan dibantu oleh masyarakat Desa Cupunagara. Proses evakuasi juga melibatkan alat berat beko yang diturunkan dari BPBD Kabupaten Subang satu unit," jelas Rudi.

Saat ini, akses jalan dari kedua arah sudah terbuka untuk kendaraan roda 2. Sementara untuk kendaraan roda 4 belum bisa melintas karena akses jalan yang berada di wilayah Subang belum terbuka sepenuhnya alias masih proses evakuasi material longsor.

"Kami berkoordinasi dengan Damkar unit Lembang untuk melakukan penyemprotan sisa-sisa lumpur material longsor," papar Rudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com