Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan BSI Lumpuh Hambat Pelunasan Calon Haji di Tasikmalaya

Kompas.com - 11/05/2023, 13:47 WIB
Irwan Nugraha,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Nasabah Bank Syariah Mandiri (BSI) di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, terlihat berkumpul di tiap kantor bank wilayah mempertanyakan sistem perbankan BSI yang masih lumpuh belum operasional, Kamis (11/5/2023).

Mereka terlihat was-was dan panik karena sebagian besar tidak bisa bertransaksi dan mengecek saldo rekening secara manual lewat teller terutama bagi para calon haji (calhaj).

Rekening BSI bagi calon haji sendiri sebagian besar tidak memiliki ATM apalagi mobile banking.

Baca juga: Layanan BSI Error, Erick Thohir Akui Ada Serangan Siber

Setiap setoran pelunasan yang dikirim ke tiap rekening BSI-nya tidak bisa diketahui masuk atau belum dari bank lain hanya lewat pelayanan Teller.

Hampir di setiap Kantor BSI Tasikmalaya tidak bisa melayani nasabah secara manual lewat Teller dan baru hanya bisa lewat layanan ATM saja.

"Saya ke sini sudah dari kemarin. Saya transfer pelunasan haji ke BSI dari BRI. Tapi, tak bisa dicek di BSI karena katanya masih belum jalan untuk transaksi perbankan secara manual. Sedangkan, kami setoran pelunasan di rekening BSI itu tidak ada ATM apalagi mobile banking," jelas Andi (68), salah seorang calon jemaah haji yang sedang proses pelunasan biaya haji di BSI Kantor Cabang Pembantu Masjid Agung Tasikmalaya, Kamis siang.

Andi mengaku hanya mendapatkan keterangan dari petugas keamanan di pintu utama depan bahwa layanan transaksi Perbankan BSI masih error.

Baca juga: Jaringan ATM dan Mobile Banking BSI di Lhokseumawe Aceh Belum Pulih

Bahkan, menurut petugas keamanan itu baru hari ini layanan ATM BSI baru bisa jalan, sedangkan transaksi manual di Teller masih belum bisa dilakukan.

"Jadi saya bingung dan panik pak, uang yang dikumpul-kumpul lama untuk pelunasan haji yang sudah disetor enggak tahu kejelasannya. Apakah sudah masuk ke rekening BSI atau belum. Saya hanya bisa pasrah pak. Kata petugas baru ATM saja yang jalan," tambah Andi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com