Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo Subianto Sempat Nyanyikan Mars Siliwangi Saat Jenguk Solihin GP

Kompas.com - 05/03/2024, 14:36 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Letnan Jenderal TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara (Solihin GP), wafat, pada Selasa (5/3/2024) pukul 03.09 WIB, pada usia 97 tahun.

Pria yang akrab disapa Mang Ihin itu meninggal dunia saat menjalani perawatan di RS Advent, Kota Bandung, Jabar.

Usai dibawa ke rumah duka di Jalan Cisitu Indah, Kota Bandung, Almarhum rencananya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra pada pukul 13.30 WIB.

Titipkan DAS Citarum

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin, menyampaikan ucapan belasungkawa saat melayat ke rumah duka Solihin GP.

"Saya atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan warga Jabar menyampaikan dukacita mendalam atas berpulangnya Mang Ihin," kata Bey, dikutip dari TribunJabar.id.

Baca juga: Melacak Jejak Pencuri Hiasan Kubah Masjid dari Emas Seharga Rp 3 Miliar di Pulau Buru

"Saya doakan almarhum meninggal dalam kondisi husnul khatimah, diterima seluruh amalnya, dan mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT," sambungnya.

Bey mengatakan, Solihin GP merupakan tokoh besar masyarakat Jabar dan nasional, sehingga wafatnya Mang Ihin akan membuat banyak orang kehilangan.

"Beliau Gubernur Jabar periode 1970-1975. Walaupun sudah lama, tapi kita tetap kenang jasa-jasa beliau sebagai gubernur, dan saya rasa, kita semua tahu bahwa almarhum adalah tokoh besar Jabar dan nasional. Banyak yang kehilangan atas berpulangnya Pak Solihin GP," ujar Bey.

Menurut Bey, Solihin merupakan sosok negarawan yang selalu memikirkan bangsa meski usianya telah senja.

"Saya bersama Presiden Jokowi pernah menemui Pak Solihin, dan waktu itu almarhun menitipkan revitalisasi DAS Citarum. Beliau, walaupun usia sepuh, tetap memikirkan kepentingan bangsa dan negara," ucap Bey.

Baca juga: Daerah Terdampak Tanah Bergerak di Bandung Barat Dilarang Kembali Ditinggali

Dia menyampaikan, Solihin GP juga sempat meminta revitalisasi seperti di DAS Citarum juga dilakukan di banyak tempat lainnya di Jabar.

"Artinya, ketegasannya dalam memimpin, keteladanan beliau, menjadi contoh bagi kami dalam memimpin. Kita sangat kehilangan," ungkapnya.

"Nyaah ka Rakyat"

Mantan Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, memberi penghormatan terakhir kepada Solihin GP di Markas Kodam III Siliwangi, di Jalan Sumbawa No 22, Kota Bandung, Jabar.

Iwan mengaku, dia kerap berkonsultasi dengan Solihin GP, baik saat menjadi Pj Gubernur Jabar atau untuk keperluan lainnya.

"Bukan hanya saat jadi Pj (Gubernur Jabar), setiap saat kalau ke Bandung pasti ke rumah beliau. Banyak petuah-petuah yang saya dapatkan dari filosofi beliau,” tutur Iwan.

Baca juga: Kronologi WNA Australia Tewas Disapu Ombak Saat Berselancar di Pantai Grajagan, Banyuwangi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com